Pengertian, Contoh, dan Sebab Idgham Syamsi

Dalam pembahasan AL Ta'rif atau lam ta'rif, terdapat dua hukum bacaan yaitu Izhar Qamari dan Idgham Syamsi. Sebelumnya telah dibahas mengenai Izhar Qamari. Selanjutnya, apa pengertian Idgham Syamsi? Bagaimana contohnya? Dan mengapa dibaca Idgham Syamsi?

Pengertian

Secara bahasa, Idgham Syamsi terdiri dari dua kata : Idgham dan Syamsi. Idgham artinya memasukkan. Syamsi artinya (nisbah) matahari. Dalam istilah ilmu tajwid, Idgham Syamsi adalah apabila lam ta'rif (al) bertemu dengan 14 huruf syamsi.

tajwid lengkap

Keempat belas huruf tersebut terkumpul dalam sajak atau syair berikut ini (diambil huruf pertama setiap kata) :

طِبْ ثُمَّ صِلْ رَحْمًا تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ#  دَعْ سُوءَ ظَنَّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكَرَمْ

Dari bait atau sajak di atas, huruf-huruf Idgham Syamsi hanya huruf pertama setiap kata. Apabila masih bingung, urutan hurufnya sesuai dengan sajak di atas adalah berikut ini :

ط ث ص ر ت ض ذ ن # د س ظ ز ش ل

Cara Membaca

Cara membaca Idgham Syamsi adalah dengan memasukkan lam ta'rif ke huruf selanjutnya atau huruf Idgham Syamsi. Artinya bunyi lam sukun nya menjadi hilang atau masuk ke huruf selanjutnya. Karena di-Idgham-kan, maka setelah lam terdapat tanda tasydid.

Misalnya ketika "al" (أَلْ) bertemu kata "Shiyam" (صِيَامُ) maka menjadi dibaca "as-Shiyam" (الصِّيَامُ) bukan "al-Shiyam". Bunyi lam sukun nya menjadi hilang dan huruf shad nya diberi tanda tasydid (الصِّيَامُ).

Selain itu, cara membacanya cukup dimasukkan dan ditekan seolah-olah huruf Idgham Syamsi nya bertasydid. Kecuali huruf nun. Apabila al bertemu nun maka dibaca Idgham Syamsi dan ditambahi bunyi dengung atau ghunnah. Contohnya An-Nas (اَلنَّاسُ)

Contoh-contoh

Contoh bacaan Idgham Syamsi secara lengkap sebagai berikut ini :

Huruf
Contoh
Huruf
Contoh
ط
الطَّارِقِ
ن
النَّاسِ
ث
الثَّاقِبُ
د
الدُّنْيَا
ص
الصَّمَدُ
س
السَّائِلَ
ر
الرَّجْعِ
ظ
الظُّلُمَاتِ
ت
التَّكَاثُرُ
ز
الزَّكَاةَ
ض
الضُّحَىٰ
ش
الشِّتَاءِ
ذ
الذَّكَرَ
ل
اللَّيْلِ


Sebab Dibaca Idgham

Mengapa disebut Idgham Syamsi? Dinamakan Idgham karena cara membacanya dengan cara memasukkan lam sukun ke dalam huruf Idgham Syamsi. Dinamakan syamsi karena tasybih atau diumpamakan seperti matahari. Perumpamaannya sebagai berikut:

"Lam ta’rif diibaratkan cahaya bintang. Qamari artinya bulan. Cahaya bintang (lam ta’rif) terlihat jelas (idzhar) jika disandingkan dengan bulan (qamari). Sementara jika disandingkan dengan matahari (syamsi) maka cahaya bintang (lam ta’rif) tidak jelas (idgham)"

Lalu mengapa dibaca Idgham? Karena keempat belas huruf Idgham Syamsi tadi merupakan huruf-huruf yang makhraj (tempat keluarnya) nya sejenis (mutajanis) atau berdekatan (mutaqarib) dengan makhraj huruf lam.
_ _ _ _ _ _ _ _

Baca hukum-hukum atau materi tajwid lainnya lengkap, klik di sini.

Sumber :
Ghayat al-Murid Fi Ilm at-Tajwid

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian, Contoh, dan Sebab Idgham Syamsi"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...