Penjelasan Tajwid Cara Baca Ituni Lengkap

Salah satu bacaan Gharib yang menurut penulis, masih dijelaskan secara simpel dan sederhana adalah cara membaca kata "Ituni" yang terdapat pada QS Al-Ahqaf ayat 4. Sebelum membahas nya lebih jauh, apa maksud dari cara membaca kata ituni dan bagaimana penjelasan lengkapnya?

Cara Membaca

Dalam buku-buku tajwid, biasanya yang dibahas dalam tajwid kata Ituni adalah cara membacanya. Cara membaca kata "Ituni" yang dimaksud adalah dalam QS Al-Ahqaf ayat 4, lengkapnya sebagai berikut ini :


قُلْ أَرَأَيْتُمْ مَا تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا خَلَقُوا مِنَ الْأَرْضِ أَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ ۖ ائْتُونِي بِكِتَابٍ مِنْ قَبْلِ هَٰذَا أَوْ أَثَارَةٍ مِنْ عِلْمٍ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Perhatikan kata "Ituni" yang diberi warna merah. Sebelum kata "Ituni" terdapat tanda waqaf, sehingga bisa memulai membaca dari kata "Ituni". Bisa juga jika Anda menyambung kata sebelumnya dengan kata "Ituni".

cara baca ituni - khudzilkitab.com

Bagaimana cara membaca kata "Ituni" dalam QS Al-Ahqaf ayat 4 di atas? Cara membacanya ada dua macam : pertama jika membacanya dimulai dari kata "Ituni" dan kedua jika membacanya dimulai sebelum kata "Ituni".

Cara membaca yang pertama yakni jika dimulai dari kata "Ituni" maka hamzahnya dibuang dan diganti dengan ya Mad sehingga terjadi lah apa yang dinamakan Mad Badal. Cara membacanya kurang lebih berikut ini :

اِيْتُوْنِيْ بِكِتَابٍ مِنْ قَبْلِ


Cara membaca yang kedua yakni jika dimulai dari kata sebelum kata "Ituni". Maka tidak ada perubahan atau hamzah sukunnya tetap ada (bukan diganti ya Mad). Misal membacanya dari 1 kata sebelum kata "Ituni" maka sebagai berikut :

فِي السَّمَاوَاتِ ائْتُوْنِيْ بِكِتَابٍ مِنْ قَبْلِ

Itulah 2 model cara membaca kata "Ituni". Bisa dimulai dari kata "Ituni" (sebelum kata "Ituni" dibaca waqaf) dan juga bisa dimulai dari sebelum kata "Ituni"  (sebelum kata "Ituni" dibaca washal). Demikian penjelasan singkat mengenai kata "Ituni".

Penjelasan Lengkap

Lalu bagaimana penjelasan lengkap dari cara membaca kata "Ituni"? Sebagaimana disinggung di atas, perubahan pada kata "Ituni" sebenarnya adalah perubahan menjadi Mad Badal. Yakni merubah hamzah sukun menjadi huruf Mad berupa ya.

Selain itu, karena ini merupakan perubahan Mad Badal, maka yang berubah sebetulnya bukan hanya pada kata "Ituni" yang ada di QS Al-Ahqaf ayat 4 saja. Melainkan setiap kata yang sesuai dengan syarat perubahan Mad Badal.

Maka dari itu, kita bahas dari syarat perubahan Mad Badal. Jika penasaran dengan pengertian dan penjelasan Mad Badal secara lengkap, bisa Anda kunjungi artikel berjudul Mad Badal Lengkap atau langsung klik di sini.

Jika sudah membaca atau pernah tahu mengenai seluk beluk Mad Badal, maka akan dilanjutkan dengan syarat perubahan Mad Badal yang sesuai dengan kata "Ituni" yang ada di QS Al-Ahqaf ayat 4. Syaratnya adalah

"Apabila memulai membaca dari kata yang di dalamnya terdapat hamzah washal bertemu hamzah qatha, lalu hamzah qatha nya sukun atau mati, maka hamzah qatha nya dirubah menjadi huruf Mad yang sesuai dengan harakat hamzah washal"

Ada beberapa poin penting dalam kaidah atau syarat di atas, diantaranya :
  1. "Apabila memulai membaca dari kata" artinya kita harus ibtida di kata tersebut. Jika tidak ibtida, maka syarat nya tidak berlaku
  2. "di dalamnya terdapat hamzah washal bertemu hamzah qatha" artinya setiap kata yang diawali hamzah washal dan langsung bertemu dengan hamzah qatha
  3. "lalu hamzah qatha nya sukun atau mati" artinya jika hamzah qatha nya hidup atau berharakat maka tidak berlaku syarat ini
  4. "hamzah qatha nya dirubah menjadi huruf Mad yang sesuai dengan harakat hamzah washal" ini adalah inti kaidah. Jika 3 poin syarat sebelumnya sudah terpenuhi maka terjadilah poin ke 4 ini.
Dalam kata "Ituni" dari poin ke-1 hingga ke-3 sudah terpenuhi maka berlaku lah poin ke-4 yakni merubah hamzah qatha menjadi huruf Mad yang sesuai dengan harakat hamzah washal. Karena hamzah washal berharakat kasrah maka hamzah qatha dirubah menjadi Ya Mad (kasrah identik dengan Ya)

Bagaimana? Apakah sudah bisa dipahami? Atau masih ada beberapa hal yang membingungkan? Untuk mengetahui harakat hamzah washal, silahkan baca artikel berjudul "Cara Membaca Hamzah Washal".


Dari syarat perubahan Mad Badal di atas, faktanya tidak hanya kata "Ituni" saja yang ada di QS Al-Ahqaf ayat 4, yang bisa berubah apabila kita memulai dari kata tersebut. Berikut ini ada beberapa kata "Ituni" lainnya dan kata yang juga bisa berubah menjadi Mad Badal :

1. QS Yunus ayat 79
وَقَالَ فِرْعَوْنُ ائْتُونِي بِكُلِّ سَاحِرٍ عَلِيمٍ

2. QS Yusuf ayat 50
وَقَالَ الْمَلِكُ ائْتُونِي بِهِ

3. QS Taha ayat 64
فَأَجْمِعُوا كَيْدَكُمْ ثُمَّ ائْتُوا صَفًّا

4. QS Al-Jatsiyah ayat 25
إِلَّا أَنْ قَالُوا ائْتُوا بِآبَائِنَا إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

5. QS Al-Baqarah ayat 283
فَإِنْ أَمِنَ بَعْضُكُمْ بَعْضًا فَلْيُؤَدِّ الَّذِي اؤْتُمِنَ أَمَانَتَهُ

Kata-kata yang diberi warna merah juga bisa berubah sebagaimana perubahan kata "Ituni" jika ibtida atau memulai membaca dari kata tersebut.

Alasan kata-kata yang lain tidak disebut karena hanya dalam QS Al-Ahqaf ayat 4 yang sebelumnya ada tanda waqaf nya, sedangkan yang selain QS Al-Ahqaf ayat 4 tidak didahului tanda waqaf.

Demikian artikel singkat mengenai "Penjelasan Tajwid Cara Baca Ituni Lengkap". Semoga bermanfaat dan silahkan berkomentar. Wallahu a'lam..

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

1 Response to "Penjelasan Tajwid Cara Baca Ituni Lengkap"

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...