Pengertian, Jenis, dan Contoh Idgham Mutaqaribain

Masih dalam pembahasan bab Idgham yang terdiri dari Idgham Mutamatsilain, Idgham Mutajanisain, dan Idgham Mutaqaribain. Dua Idgham yang awal sudah dibahas pada artikel sebelumnya, dan di artikel kali ini akan diuraikan mengenai Idgham Mutaqaribain.

Pengertian Idgham Mutaqaribain

Apa pengertian Idgham Mutaqaribain? Secara bahasa, Idgham Mutaqaribainterdiri dari dua kata yaitu Idgham dan Mutaqaribain. Idgham artinya memasukkan, sedangkan Mutaqaribain artinya dua huruf yang berdekatan.

Apa yang dimaksud dengan dua huruf yang berdekatan? Setidaknya ada tiga maksud dari dua huruf yang "berdekatan" dilihat dari segi makhraj dan sifat. Yaitu berdekatan makhraj dan sifat, berdekatan makhraj bukan sifat, dan berdekatan sifat bukan makhraj.

Pertama : Dua huruf yang berdekatan baik makhraj dan sifat misalnya huruf ta (ت) dengan tsa (ث), fa (ف) dengan qaf (ق).

Kedua : Dua huruf yang berdekatan makhraj saja, tetapi sifat nya tidak berdekatan misalnya huruf dal (د) dengan sin (س).

Ketiga : Dua huruf yang berdekatan sifat saja, tetapi makhraj nya tidak berdekatan misalnya huruf dzal (ذ) dengan jim (ج).

Dari ketiga macam pengertian Mutaqaribain di atas, yang sering dipakai adalah pengertian Mutaqaribain yang pertama yaitu dua huruf yang berdekatan baik makhraj dan sifat, sehingga pengertian Idgham Mutaqaribain adalah memasukkan dua huruf yang berdekatan baik makhraj dan sifat.

Dua huruf dalam Idgham Mutaqaribain yang dimaksud adalah huruf pertama sukun dan huruf kedua hidup. Sering juga disebut sebagai Idgham Mutaqaribain Shagir.


Kesimpulannya, pengertian secara istilah Idgham Mutaqaribain adalah memasukkan dua huruf yang berdekatan baik makhraj dan sifat, huruf pertama sukun sedangkan huruf kedua hidup. Cara membaca nya adalah dengan memasukkan huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Lalu bagaimana dengan dua pengertian Mutaqaribain yang lainnya? Apakah tidak termasuk? Kedua pengertian di atas termasuk juga dalam Idgham Mutaqaribain. Hanya saja yang populer adalah pengertian pertama (berdekatan baik makhraj dan sifat).

Untuk pembahasan lanjutan mengenai Idgham Mutaqaribain, silahkan lihat bab Idgham atau al-Harfan al Mutalaqqiyan (Pertemuan dua huruf). Dan di artikel ini, merupakan pembahasan Idgham Mutaqaribain yang khusus atau lebih sempit.

Jenis-Jenis Idgham Mutaqaribain

Idgham Mutaqaribain juga memiliki jenis-jenis yang berbeda. Jenis-jenis ini merupakan hasil dari pengertian Mutaqaribain yang berbeda. Dalam kitab "al-Mufid fi Ilm at-Tajwid" dijelaskan bahwa jenis kelompok Idgham Mutaqaribain terbagi menjadi 4 yaitu :

Jenis Pertama : Lam Sukun bertemu Ro.

Jenis Kedua  : Qaf sukun bertemu Kaf

Jenis Ketiga : Nun Sukun bertemu ya, mim, wawu, lam, dan ro

Jenis Keempat : Lam Ta'rif Sukun bertemu huruf Syamsi kecuali huruf lam.

Dari keempat jenis kelompok Idgham Mutaqaribain di atas, yang sering disebut dan populer di buku Tajwid adalah Idgham Mutaqaribain jenis pertama dan kedua. Hal ini dikarenakan, mungkin, untuk mempermudah memahami Idgham Mutaqaribain.

Berbeda dengan Idgham Mutaqaribain jenis ketiga yang sudah masuk dalam pembahasan hukum bacaan Idgham Bi Ghunnah dan Idgham Bila Ghunnah. Sedangkan Idgham Mutaqaribain jenis keempat sudah masuk dalam hukum bacaan Idgham Syamsi.

Contoh-Contoh Idgham Mutaqaribain

Idgham Mutaqaribain terdiri dari dua jenis yaitu Lam sukun bertemu ro dan qaf sukun bertemu kaf. Jenis pertama yakni lam sukun bertemu ro, banyak ditemukan contohnya dalam al-Quran. Sedangkan contoh jenis kedua yaitu qaf sukun bertemu kaf hanya ada satu saja.

Contoh lam sukun bertemu ro dalam QS Al-An'am ayat 147


Contoh lam sukun bertemu ro dalam QS Al-Isra ayat 80


Contoh lam sukun bertemu ro dalam QS Al-Mu`minun ayat 29


Contoh qaf sukun bertemu kaf dalam QS Al-Mursalat ayat 20


Cara Membaca

Bagaimana cara membaca Idgham Mutaqaribain? Cara membaca Idgham Mutaqaribain adalah dengan memasukkan huruf pertama yang sukun, ke dalam huruf kedua yang hidup, sehingga seolah-olah huruf pertama tidak ada dan huruf kedua bertasydid.

Misalnya dalam contoh lam sukun bertemu ro dalam QS Al-Mu`minun ayat 29 yang berbunyi "Wa Qul Rabbi" maka cara membacanya menjadi "Wa Qur Rabbi". Begitu juga dengan contoh Idgham Mutaqaribain lainnya.

Kecuali qaf sukun bertemu kaf, yang hanya ada satu di dalam al-Quran, terdapat dua cara membaca. Cara membaca pertama sama seperti umumnya Idgham Mutaqariban. Cara membaca kedua adalah dengan memasukkan huruf pertama ke huruf kedua namun sifat Isti'la huruf Qaf masih ditampakkan.

Demikian uraian singkat mengenai "Pengertian, Jenis, dan Contoh Idgham Mutaqaribain". Untuk lebih jelasnya, silahkan talaqqi pada guru al-Quran. Semoga bermanfaat...

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian, Jenis, dan Contoh Idgham Mutaqaribain"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...