Penjelasan Mad Aridh Lis-Sukun

Salah satu hukum bacaan yang merupakan cabang dari Mad Far'i dan disebabkan oleh sukun adalah Mad Aridh Lis-Sukun. Apa pengertian dari hukum bacaan Mad Aridh Lis-Sukun? Bagaimana cara membaca Mad Aridh Lis-Sukun? Dan apa saja contohnya?

Pengertian Mad Aridh Lis-Sukun

Secara bahasa, Mad Aridh Lis-Sukun terdiri dari tiga kata yaitu Mad, Aridh, dan Lis-Sukun. Mad artinya panjang, Aridh artinya yang terjadi, Lis-Sukun artinya karena sukun. Jika digabungkan maka Mad Aridh Lis-Sukun adalah panjang yang terjadi karena sukun.


Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Aridh Lis-Sukun adalah apabila ada huruf Mad bertemu dengan huruf sukun (yang terjadi), yang disebabkan oleh waqaf. Ini yang membedakannya dengan Mad Lin. Mad Lin bukanlah huruf Mad yang bertemu huruf sukun, melainkan huruf Lin yang bertemu sukun.

Sebutan nama Mad Aridh Lis-Sukun berkaitan erat dengan pengertian nya. Karena ada huruf Mad bertemu dengan huruf sukun maka diberikan kata "Lis-Sukun". Sedangkan diberi nama "Aridh" karena sukun nya bukan lah sukun asli.

Selain diberikan nama Mad Aridh Lis-Sukun (Mad al-Aridh Lis-Sukun), Mad ini juga disebut dengan nama terbalik yaitu Mad Lis-Sukun al-Aridh. Keduanya memiliki makna dan pengertian yang sama, hanya perubahan posisi kata.

Cara Membaca Mad Aridh Lis-Sukun

Lalu bagaimana cara membaca Mad Aridh Lis-Sukun? Cara membaca hukum bacaan Mad Aridh Lis-Sukun adalah dengan memanjangkan Mad nya antara 2, 4, dan 6 harakat (1,2, dan 3 alif). Artinya, pembaca boleh memilih dari ketiga macam panjang tersebut.

Alasan mengapa Mad Aridh Lis-Sukun bisa dibaca 3 macam panjang karena Mad Aridh Lis-Sukun (secara singkat penjelasannya) serupa dengan Mad Lazim (6 harakat), bisa juga serupa Mad Thabi'i (2 harakat), dan tidak keduanya (4 harakat). Penjelasan lengkapnya bisa dilihat di "al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid".


Ketiga macam panjang yang dimiliki oleh Mad Aridh Lis-Sukun dibolehkan oleh para Ulama. Meskipun boleh memilih, akan lebih baik (istihsan) jika memilih salah satu dari ketiganya dan konsisten (iltizam) memakai satu macam.

Ketiga macam panjang yang dimiliki oleh Mad Aridh Lis-Sukun juga bisa digunakan pada tempo bacaan. Apabila tempo bacaan nya lambat (tahqiq) maka memakai 6 harakat, jika tempo bacaan nya sedang (tadwir) maka memakai 4 harakat, dan jika tempo cepat (hadr) maka memakai 2 harakat.

Contoh-Contoh Mad Aridh Lis-Sukun

Adapun contoh-contoh dari hukum bacaan Mad Aridh Lis-Sukun cukup banyak ditemukan dalam al-Quran. Terlebih lagi jika kita sering membaca waqaf pada kata yang sesuai dengan pengertian Mad Aridh Lis-Sukun, maka akan lebih banyak lagi. Berikut contohnya (diberi warna merah yang dibaca waqaf) :

Contoh Mad Aridh Lis-Sukun pada QS An-Nas ayat 1 :
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

Contoh Mad Aridh Lis-Sukun pada QS Al-Baqarah ayat 5 :
أُولَٰئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

Contoh Mad Aridh Lis-Sukun pada QS Ali Imran ayat 2 :
اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

Contoh Mad Aridh Lis-Sukun pada QS Al-Maidah ayat 9 :
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ ۙ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ

Contoh Mad Aridh Lis-Sukun pada QS Al-Anfal ayat 3 :
الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

Demikian artikel singkat mengenai "Penjelasan Mad Aridh Lis-Sukun". Jika Anda ingin mendalami atau membaca artikel dunia tajwid lengkap silahkan kunjungi situs khusus tilawah dan tajwid dengan klik di sini. Terima kasih.

Sumber:
Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid
Hidayat al-Qari

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Penjelasan Mad Aridh Lis-Sukun"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...