Klasifikasi Surat Makkiyah dan Madaniyah

Makkiyah Madaniyah atau yang kemudian menjadi disiplin Ilmu Makki Madani, memiliki cabang pembahasan yang cukup banyak. Para Ulama juga memberikan perhatian lebih terhadap ayat dan surat dengan tempat turunnya.

Pembahasan Ilmu Makki dan Madani kemudian terbagi menjadi beberapa macam sebagai berikut :
  1. Yang diturunkan di Mekkah
  2. Yang diturunkan di Madinah
  3. Yang diperselisihkan
  4. Ayat-ayat Makkiyah dalam surat Madaniyah
  5. Ayat-ayat Madaniyah dalam surat Makkiyah
  6. Yang diturunkan di Mekkah tetapi hukum nya Madaniyah
  7. Yang diturunkan di Madinah tetapi hukum nya Makkiyah
  8. Yang serupa dengan Makkiyah dalam Madaniyah
  9. Yang serupa dengan Madaniyah dalam Makkiyah
  10. Yang dibawa dari Mekkah ke Madinah
  11. Yang dibawa dari Madinah ke Mekkah
  12. Yang turun di waktu malam dan siang
  13. Yang turun di musim panas dan dingin
  14. Yang turun di waktu menetap dan perjalanan
Itulah macam-macam Ulumul Quran yang berkisar antara Makki dan Madani, kemudian disebut sebagai Ilmu Makki dan Madani.


Lalu apa saja surat-surat yang masuk dalam kategori Makkiyah dan Madaniyah? Menurut Manna al-Qaththan dalam kitabnya berjudul "Mabahits fi Ulum al-Quran" mengatakan bahwa surat Madaniyah ada 20 surat, sebagai berikut ini :
  1. al-Baqarah
  2. Ali Imran
  3. an-Nisa
  4. al-Ma`idah
  5. al-Anfal
  6. at-Taubah
  7. an-Nur
  8. al-Ahzab
  9. Muhammad
  10. al-Fath
  11. al-Hujurat
  12. al-Hadid
  13. al-Mujadalah
  14. al-Hasyr
  15. al-Mumtahanah
  16. al-Jumu'ah
  17. al-Munafiqun
  18. at-Thalaq
  19. at-Tahrim
  20. an-Nashr
Sedangkan surat-surat Makkiyah terdapat 82 surat dan yang diperselisihkan Makkiyah atau Madaniyah nya terdapat 12 surat. Berikut 12 surat yang diperselisihkan Makkiyah atau Madaniyah nya :
  1. al-Fatihah
  2. ar-Ra'd
  3. ar-Rahman
  4. as-Shaff
  5. at-Taghabun
  6. al-Muthaffifin
  7. al-Qadr
  8. al-Bayyinah
  9. az-Zalzalah
  10. al-Ikhlash
  11. al-Falaq
  12. an-Nas
Klasifikasi surat-surat Makkiyah atau Madaniyah di atas adalah menurut Abu al-Hasan al-Hashshar dalam kitab nya berjudul "an-Nasikh wa al-Mansukh". Adapun 12 surat yang diperselisihkan, diuraikan oleh As-Suyuthi dalam al-Itqan nya sebagai berikut :

1. al-Fatihah

Kebanyakan Ulama mengatakan bahwa surat Al-Fatihah masuk dalam kategori Makkiyah. Diperkuat dalam kitab Shahih al-Bukhari. Sementara menurut Mujahid, surat al-Fatihah masuk dalam kategori Madaniyah.

2. ar-Ra'd

Dari Mujahid dari Ibn Abbas dari Ali, dikatakan bahwa surat Ar-Ra'd ini masuk dalam kategori Makkiyah. Sedangkan dalam at-Thabari mengatakan bahwa surat Ar-Ra'd ini masuk dalam kategori Madaniyah.

3. ar-Rahman

Jumhur Ulama berpendapat surat Ar-Rahman merupakan surat Makkiyah dengan disandarkan pada riwayat at-Tirmidzi dan al-Hakim.

4. as-Shaff

Yang dipilih adalah surat As-Shaff merupakan surat Madaniyah. Dengan dinisbahkan oleh Ibn al-Faras kepada Jumhur berlandaskan riwayat al-Hakim.

5. at-Taghabun

Dikatakan bahwa surat At-Taghabun merupakan surat Madaniyyah. Dikatakan pula bahwa surat at-Taghabun merupakan surat Makkiyah kecuali akhir ayat nya.

6. al-Muthaffifin

Ibn al-Faras berkata bahwa surat al-Muthaffifin dikatakan surat Makkiyah karena penyebutan kata "Asathir" dan surat al-Muthaffifin dikatakan surat Madaniyah karena penduduk Madinah dikenal sebagai yang curang dalam takaran

7. al-Qadr

Terdapat dua pendapat. Yang paling banyak mengatakan bahwa surat al-Qadr ini merupakan surat Makkiyah. Sementara yang mengatakan surat al-Qadr merupakan surat Madaniyah berlandaskan pada riwayat at-Tirmidzi.

8. al-Bayyinah

Ibn al-Faras mengatakan yang paling masyhur bahwa surat al-Bayyinah ini merupakan surat Makkiyah. Namun as-Suyuthi berpendapat bahwa surat al-Bayyinah ini merupakan surat Madaniyah dengan landasan riwayat Ahmad.

9. az-Zalzalah

Terdapat dua pendapat. Dalam kitab al-Itqan disebutkan pendapat yang mengatakan surat as-Zalzalah adalah surat Madaniyah berlandaskan dengan hadits riwayat Ibn Abi Hatim dari Sa'ad al-Khudri.

10. al-Ikhlash

Terdapat dua pendapat yang sama-sama kuat dan bertentangan. Namun as-Suyuthi lebih memilih surat al-Ikhlas merupakan surat Madaniyah setelah mentarjih nya dan pendapat ini juga ia jelaskan dalam kitab Asbabun Nuzul.

11. al-Falaq dan 12. An-Nas

Yang dipilih adalah keduanya surat al-Mu'awwidzatain (al-Falaq dan an-Nas) merupakan surat Madaniyah karena kedua surat ini diturunkan berkenaan dengan kisah sihir Labid ibn al-A'sham.

Sumber :
1. Mabahits fi Ulum al-Quran (Manna al-Qaththan)
2. Al-Itqan Fi Ulum al-Quran  (Jalaluddin as-Suyuthi)

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Klasifikasi Surat Makkiyah dan Madaniyah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...