Pengertian, Contoh, dan Nama Lain Idgham Mitsli atau Idgham Mimi

Idgham Mitsli, atau yang lebih populer dengan nama idgham mimi, merupakan salah satu materi tajwid yang mudah diingat karena sesuai dengan namanya (mim). Lalu apa pengertian Idgham Mitsli atau Idgham Mimi? Adakah nama selainnya? Dan apa contohnya?

Pengertian

Idgham Mitsli secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu Idgham dan Mitsli. Idgham berarti memasukkan. Mitsli berarti mirip atau semisal. Sedangkan untuk Mimi berarti huruf mim.

Secara istilah ilmu Tajwid, Idgham Mitsli adalah memasukkan huruf mim sukun apabila bertemu dengan huruf mim dan disertai dengan dengung. Ukuran dengungnya, sebagaimana biasanya, adalah sekitar 2 harakat.

Dinamakan Idgham karena cara membacanya memasukkan bunyi mim sukun ke dalam mim selanjutnya. Dinamakan Mitslain karena hurufnya sama yaitu mim dan mim. Dinamakan Mimi karena hurufnya kedua hurufnya adalah mim.

Contoh
Contoh-contoh Idgham Mitsli atau Idgham Mimi cukup banyak dan mudah ditemukan di dalam Al-Quran. Hukum bacaan Idgham Mitsli ini dapat ditemukan dalam satu kata atau dua kata. Idgham Mitsli satu kata hanya terdapat pada fawatihus-suwar. Misalnya

الم 
المر

Contoh Idgham Mitsli yang terdapat antara 2 kata, merupakan contoh yang banyak ditemukan, diantaranya adalah sebagai berikut :


Latihan : Silahkan cari hukum bacaan Idgham Mitsli dalam surah Quraish ayat berikut ini :

الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ

Jawabannya dapat Anda cari di artikel ini paling akhir.

Nama Lain

Dalam kitab-kitab tajwid lainnya, terdapat istilah lain atau nama selain Idgham Mitsli atau Idgham Mimi. Nama-nama lain selain Idgham Mitsli atau Idgham Mimi dalam kitab-kitab berikut ini adalah sebagai berikut :
  1. Kitab "Taysir ar-Rahman Fi Tajwid al-Quran" dan "Ghayat al-Murid fi Ilm at-Tajwid" dinamakan Idgham Mutamatsilain Shagir
  2. Kitab "Nihayat al-Qaul al-Mufid fi Ilm at-Tajwid" dinamakan Idgham bi Ghunnah
  3. Kitab "Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid" dinamakan Idgham Mutamatsil Syafawi
  4. Kitab "Hidayat al-Qari ila Tajwid Kalam al-Bari" dinamakan Idgham Shagir atau Idgham Mitslain Shagir Ma'al Ghunnah
Nama-nama yang disebutkan dalam kitab-kitab di atas merupakan nama yang cukup panjang dan tidak ada perbedaan mengenai cara atau konsep membaca ketika mim sukun bertemu mim. Adapun nama yang lebih mudah diingat, mungkin, nama pendek semisal Idgham Mimi.

Nama-nama atau istilah yang disebutkan dalam kitab-kitab tajwid juga sesuai dengan konsep nama itu sendiri. Misal kata "Mutamatsilain" berarti ada 2 huruf yang sama. Mutamatsilain dengan Mitsli maknanya mirip.

Kata "Syafawi" artinya bibir. Ini sesuai dengan pembahasan mim sukun yang makhrajnya terdapat di bibir sehingga muncul hukum yang berakhiran Syafawi misal Ikhfa Syafawi, Idgham Mutamatsil Syafawi, dan Idzhar Syafawi.

Kata "Shagir" artinya kecil. Kata "Shagir" juga sesuai karena konsep Idgham Shagir adalah apabila ada 2 huruf dimana huruf pertama sukun dan huruf kedua hidup atau berharakat. Sebagaimana mim sukun bertemu huruf mim.

Jawaban soal :

الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ

Baca materi tajwid lainnya secara lengkap, klik di sini.
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Sumber bacaan :
1. Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid (karya Sa'dullah Aytani)
2. Hidayat al-Qari ila Tajwid Kalam al-Bari (Abdul Fattah)
3. Ghayat al-Murid fi Ilm at-Tajwid (Athiyyah Qabil Nashr)
4. Nihayat al-Qaul al-Mufid fi Ilm at-Tajwid (Makki Nashr Al-Juraisy)
5. Taysir ar-Rahman Fi Tajwid al-Quran (Sa'ad Abdul Hamid)

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian, Contoh, dan Nama Lain Idgham Mitsli atau Idgham Mimi"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...