Ayat-ayat yang ada kata Subhanallah

Menelusuri kandungan dan keajaiban ayat-ayat al-Qur'an seakan tidak ada habisnya. Setelah bertemu dengan satu pelajaran berharga, al-Quran kembali menyuguhkan berbagai macam keluarbiasaannya. Pada sesi "Cari Ayat" kali ini, kita akan mencari ayat-ayat yang di dalamnya terdapat kata Subhanallah.


Kata Subhanallah

Kata "Subhanallah" biasa diterjemahkan dengan Maha Suci Allah. Makna "Maha Suci" terambil dari kata Subhana. Kata "Subhana" sendiri sudah masuk dalam KBBI yang berarti mahasuci (Allah): Allah subhanahu wa taala Allah yang Mahasuci dan Mahatinggi.

Bila ditelusuri lebih dalam, kata Subhana merupakan bentuk masdar (definitif) dari kata sabaha. Kata Subhanallah merupakan kata Tanzih dan Taqdis. Tanzih adalah menjauhkan Allah dari segala sesuatu yang tak tak pantas bagi-Nya, sedangkan Taqdis ialah menyucikan Allah. 

Dalam kamus Mu'jam al-Ma'ani al-Jami' disebutkan bahwa kata Subhana tidak dapat dipakai kecuali hanya untuk Allah. Ini dibuktikan dengan penggunaan kata subhana dalam al-Qur'an yang selalu disambungkan dengan Allah baik dengan penyebutan langsung (kata Allah) atau menggunakan kata ganti.

Misalnya kata "Subhanahu" (Mahasuci Dia) yang disebutkan sebanyak 14 kali dalam al-Qur'an, yang semuanya bermaksud menyucikan Allah dari segala sesuatu yang tidak pantas bagi-Nya. Misalnya dalam QS Al-Baqarah ayat 116.

Ada juga kata "Subhanaka" (Mahasuci Engkau) yang disebutkan sebanyak 9 kali dalam al-Qur'an yang sama merujuk pada Allah. Penggunaan kata "Subhanaka" biasanya ditaruh pada bentuk ucapan atau komunikasi kepada Allah.

Ada juga kata "Subhana Rabbi" (Mahasuci Tuhan) baik itu disambung dengan kata Rabbii (Tuhanku), Rabbina (Tuhan kami), Rabbika (Tuhanmu), maupun Rabbis-samawat (Tuhan yang mengatur langit-langit). Kata "Subhana Rabbi" ditemukan sebanyak 5 kali dalam al-Qur'an.

Ayat-ayat Subhanallah

Lalu bagaimana dengan kata "Subhanallah" dalam al-Qur'an? Setidaknya total ada 9 kali ayat al-Qur'an yang menyebut kata Subhanallah. Kata Subhanallah ada yang terletak di ayat bagian depan dan ada juga yang ayat bagian tengah. Tidak ada kata Subhanallah yang terletak di ujung ayat (akhir ayat).

1. QS Yusuf ayat 108

قُلْ هَٰذِهِۦ سَبِيلِىٓ أَدْعُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ ۚ عَلَىٰ بَصِيرَةٍ أَنَا۠ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِى ۖ وَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ

Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".

2. QS Al-Anbiya' ayat 22

لَوْ كَانَ فِيهِمَآ ءَالِهَةٌ إِلَّا ٱللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ رَبِّ ٱلْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ

Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai 'Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.

3. QS Al-Mu'minun ayat 91

مَا ٱتَّخَذَ ٱللَّهُ مِن وَلَدٍ وَمَا كَانَ مَعَهُۥ مِنْ إِلَٰهٍ ۚ إِذًا لَّذَهَبَ كُلُّ إِلَٰهٍۭ بِمَا خَلَقَ وَلَعَلَا بَعْضُهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يَصِفُونَ

Allah sekali-kali tidak mempunyai anak, dan sekali-kali tidak ada tuhan (yang lain) beserta-Nya, kalau ada tuhan beserta-Nya, masing-masing tuhan itu akan membawa makhluk yang diciptakannya, dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan mengalahkan sebagian yang lain. Maha Suci Allah dari apa yang mereka sifatkan itu.

4. QS An-Naml ayat 8

فَلَمَّا جَآءَهَا نُودِىَ أَنۢ بُورِكَ مَن فِى ٱلنَّارِ وَمَنْ حَوْلَهَا وَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Maka tatkala dia tiba di (tempat) api itu, diserulah dia: "Bahwa telah diberkati orang-orang yang berada di dekat api itu, dan orang-orang yang berada di sekitarnya. Dan Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam".

5. QS Al-Qashash ayat 68

وَرَبُّكَ يَخْلُقُ مَا يَشَآءُ وَيَخْتَارُ ۗ مَا كَانَ لَهُمُ ٱلْخِيَرَةُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ وَتَعَٰلَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tidak ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).

6. QS Ar-Rum ayat 17

فَسُبْحَٰنَ ٱللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh

7. QS As-Shaffat ayat 159

سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يَصِفُونَ

Maha Suci Allah dari apa yang mereka sifatkan

8. QS At-Thur ayat 43

أَمْ لَهُمْ إِلَٰهٌ غَيْرُ ٱللَّهِ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Ataukah mereka mempunyai tuhan selain Allah. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan

9. QS Al-Hasyr ayat 23

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْمَلِكُ ٱلْقُدُّوسُ ٱلسَّلَٰمُ ٱلْمُؤْمِنُ ٱلْمُهَيْمِنُ ٱلْعَزِيزُ ٱلْجَبَّارُ ٱلْمُتَكَبِّرُ ۚ سُبْحَٰنَ ٱللَّهِ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Dialah Allah Yang tiada Tuhan selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan Keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala Keagungan, Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Ayat-ayat yang ada kata Subhanallah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...