Pembagian Surat Al-Quran dari Jumlah Ayat

Sudah dimaklumi bahwa di dalam al-Qur'an itu terdapat 114 (seratus empat belas) surat dengan nama-nama surat masing-masing.  Kemudian para Ulama merincikannya sesuai jumlah ayat yang dimilikinya. Berapa pembagiannya? Dan bagaimana penjelasannya?

Para Ulama membagi surat-surat al-Qur'an menjadi empat kelompok. Mereka menentukan setiap kelompok itu dengan nama yang spesifik untuk memudahkan, yaitu at-Thiwal, al-Mi'in, al-Matsani, dan al-Mufashshal.

At-Thiwal

At-Thiwal secara bahasa artinya panjang. Yang dimaksud dengan surat at-Thiwal adalah surat yang berisi ayat-ayat yang panjang. Jumlah surat at-Thiwal ada tujuh surat yaitu al-Baqarah, Ali 'Imran, an-Nisa, al-Maidah, al-An'am, dan al-A'raf. 

Lalu apa surat at-Thiwal yang ketujuh? Para ulama berbeda pendapat. Yang pertama mengatakan bahwa surat ke-7 adalah surat al-Anfal yang disambung dengan surat at-Taubah karena tanpa ada pemisah basmalah. Sedangkan yang lain berpendapat itu adalah surat Yunus.

Al-Mi'in

Al-Mi'un atau Al-Mi'in secara bahasa artinya ratusan. Yang dimaksud dengan surat al-Mi'un adalah surat yang ayatnya berjumlah sekitar seratus ayat. Dalam kitab Manahil al-Irfan karya Imam az-Zarqani tidak secara langsung menyebutkan nama suratnya.

Ada yang mengatakan bahwa surat al-Mi'un atau al-Mi'in terletak setelah surat at-Thiwal yaitu dimulai dari surat Yunus hingga surat as-Shaffat sehingga total ada 13 surat. Perinciannya adalah Yunus, Hud, Yusuf, an-Nahl, al-Isra, al-Kahf, Maryam, Taha, al-Anbiya, al-Hajj, al-Mu'minun, as-Syu'ara, dan as-Shaffat.

Al-Matsani

Al-Matsani secara bahasa artinya yang kedua. Yang dimaksud dengan surat al-Matsani adalah surat al-Miun yang kedua atau surat yang ayatnya juga berjumlah sekitar seratus ayat. Imam al-Farra' mengatakan bahwa surat al-Matsani jumlahnya kurang dari 100 ayat.

  1. Surah Al-Fatihah
  2. Surah Ar-Ra’d
  3. Surah Ibrahim
  4. Surah Al-Hijr
  5. Surah An-Nur
  6. Surah Al-Furqan
  7. Surah An-Naml
  8. Surah Al-Qasas
  9. Surah Al-'Ankabut
  10. Surah Ar-Rum
  11. Surah Luqman
  12. Surah As-Sajdah
  13. Surah Al-Ahzab
  14. Surah Saba’
  15. Surah Fatir
  16. Surah Yasin
  17. Surah Sad
  18. Surah Az-Zumar
  19. Surah Al-Mu'min
  20. Surah Fussilat
  21. Surah Asy-Syura
  22. Surah Az-Zukhruf
  23. Surah Ad-Dukhan
  24. Surah Al-Jasiyah
  25. Surah Al-Ahqaf
  26. Surah Muhammad
  27. Surah Al-Fath


Al-Mufashshal

Terakhir, al-Mufashshal secara bahasa artinya terperinci atau terpisah. Yang dimaksud dengan surat al-Mufassal adalah surat yang ayatnya sedikit. Dalam kitab Manahil al-Irfan karya Imam az-Zarqani disebutkan bahwa al-Mufassal adalah surat yang terletak di akhir al-Qur'an.

Mengapa surat-surat ini dinamakan al-Mufassal memiliki beberapa pendapat. Pertama, karena surat ini memiliki banyak pemisah (fashl) antara surat-suratnya dengan basmalah. Kedua, karena sedikit yang dimansukh dan karenanya surat ini juga dinamakan al-Muhkam.

Para ulama berbeda pendapat dimulai dari surat mana kelompok al-Mufassal ini. Ada yang mengatakan dimulai dari surat Qaf. Ada juga yang mengatakan dimulai dari surat al-Hujurat. Jika surat Qaf, maka total surat al-Mufassal ada 64. Jika surat al-Hujurat maka total 65 surat.

Surat al-Mufassal sendiri kemudian dibagi lagi menjadi 3 bagian yaitu Thiwal al-Mufassal, Awsath al-Mufassal, dan Qisar al-Mufassal. Dalam kitab Manahil al-Irfan karya Imam az-Zarqani disebutkan Thiwal sampai surat al-Buruj, Awsath sampai al-Bayyinah, dan Qisar dari az-Zalzalah sampai an-Nas. Wallahu a'lam...

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pembagian Surat Al-Quran dari Jumlah Ayat"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...