20 Nama Lain al-Quran Lengkap Dalil dan Penjelasannya

Al-Quran adalah nama kitab umat Muslim yang tak akan lekang hingga hari kiamat. Tahukah Anda bahwa al-Quran juga memiliki nama-nama lain. Nama-nama lain dari al-Quran juga diambil dari dalil ayat-ayat al-Quran sendiri.

Jalaluddin as-Suyuthi dalam kitabnya berjudul "Al-Itqan Fi Ulum al-Quran" menjelaskan ada 20 nama-nama al-Quran sesuai dengan ayat-ayat al-Quran dan penjelasan mengapa diberikan nama demikian.

1. Al-Quran

Al-Quran artinya bacaan. Dinamakan al-Quran karena yang dibaca. Menurut sebagian Ulama, al-Quran merupakan nama khusus untuk wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad. Nama al-Quran diambil dari QS Al-Waqi'ah ayat 77 sebagai berikut :

إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌ

Artinya : Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia.


2. Al-Kitab

Al-Kitab artinya buku atau kitab. Dinamakan al-Kitab karena wahyu dikumpulkan dalam sebuah buku atau kitab. Nama al-Kitab diambil dari QS Fushshilat ayat 41 sebagai berikut ini :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاءَهُمْ ۖ وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al Quran ketika Al Quran itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Al Quran itu adalah kitab yang mulia.

3. Al-Mubin

Al-Mubin artinya menerangkan atau menjelaskan. Dinamakan al-Mubin karena al-Quran menerangkan dengan terang atau menjelaskan dengan sangat jelas, mana yang haq dan mana yang batil. Nama al-Mubin diambil dari QS Az-Zukhruf ayat 2 sebagai berikut :

وَالْكِتَابِ الْمُبِينِ

Artinya : Demi Kitab (Al Quran) yang menerangkan

4. Al-Kalam

Al-Kalam artinya ucapan atau firman Allah. Al-Kalam juga bisa berarti membekas. Dinamakan al-Kalam karena al-Quran membekan di sanubari orang yang mendengarkannya. Nama al-Kalam diambil dari QS At-Taubah ayat 6 berikut ini :

وَإِنْ أَحَدٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya : Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.


5. An-Nur

An-Nur artinya cahaya. Dinamakan An-Nur karena al-Quran merupakan cahaya yang menerangi penglihatan halal dan haram. Nama An-Nur diambil dari QS An-Nisa ayat 174 sebagai berikut ini:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمْ بُرْهَانٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا

Artinya : Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran).

6. Al-Huda

Al-Huda artinya petunjuk. Dinamakan al-Huda karena al-Quran merupakan petunjuk kebenaran. Bukan sebatas petunjuk biasa melainkan petunjuk utama. Nama al-Huda diambil dari QS An-Naml ayat 77 berikut ini.

وَإِنَّهُ لَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Artinya : Dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

7. Al-Furqan

Al-Furqan artinya pembeda. Dinamakan Al-Furqan karena al-Quran membedakan mana yang haq dan mana yang batil. Nama al-Furqan diambil dari QS Al-Furqan ayat 1 berikut ini :

تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا

Artinya : Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.

8. As-Syifa

As-Syifa artinya obat. Dinamakan As-Syifa karena al-Quran merupakan obat bagi penyakit hati seperti kufur, jahil, dan juga obat bagi penyakit badan. Nama As-Syifa diambil dari QS Al-Isra ayat 82 berikut ini :

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Arinya : Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.

9. Ad-Dzikr

Ad-Dzikr artinya pengingat. Dinamakan ad-Dizkr karena al-Quran berisi pengingat, pelajaran, nasehat-nasehat dan berita-berita umat-umat terdahulu. Nama ad-Dzikr diambil dari QS Al-Anbiya ayat 50 berikut ini :

وَهَٰذَا ذِكْرٌ مُبَارَكٌ أَنْزَلْنَاهُ ۚ أَفَأَنْتُمْ لَهُ مُنْكِرُونَ

Artinya : Dan Al Quran ini adalah suatu kitab (peringatan) yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka mengapakah kamu mengingkarinya?

10. Al-Hikmah

Al-Hikmah artinya hikmah atau pelajaran. Dinamakan al-Hikmah karena al-Quran berisi hikmah dan pelajaran. Nama al-Hikmah diambil dari QS Al-Qamar ayat 5 berikut ini :

حِكْمَةٌ بَالِغَةٌ ۖ فَمَا تُغْنِ النُّذُرُ

Artinya : Itulah suatu hikmah yang sempurna maka peringatan-peringatan itu tidak berguna (bagi mereka).

11. Al-Hakim

Al-Hakim artinya hikmat atau arif atau bijaksana atau keputusan. Dinamakan al-Hakim karena al-Quran berisi ayat-ayat yang menakjubkan susukan kata dan maknanya sekaligus berisi hikmat, keputusan dan kebijaksanaan. Nama al-Hakim diambil dari QS Luqman ayat 2 berikut ini :

تِلْكَ آيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيمِ

Artinya : Inilah ayat-ayat Al Quran yang mengandung hikmat,

12. al-Muhaymin

Al-Muhaymin artinya batu ujian atau saksi. Dinamakan al-Muhaymin karena al-Quran merupakan saksi atas kitab-kitab sebelumnya. Nama al-Muhaymin diambil dari QS Al-Maidah ayat 48 berikut ini :

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya : Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.

13. Al-Habl

Al-Habl artinya tali atau ikatan. Dinamakan al-Habl karena al-Quran merupakan tali menuju jalan surga. Nama al-Habl diambil dari QS Ali Imran ayat 103 berikut ini :

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا ۚ وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا وَكُنْتُمْ عَلَىٰ شَفَا حُفْرَةٍ مِنَ النَّارِ فَأَنْقَذَكُمْ مِنْهَا ۗ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمْ آيَاتِهِ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya : Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

14. As-Shirath al-Mustaqim

As-Shirath al-Mustaqim artinya jalan yang lurus. Dinamakan As-Shirath al-Mustaqim karena al-Quran merupakan jalan ke surga yang lurus tanpa bengkok. Nama As-Shirath al-Mustaqim diambil dari QS Al-An'am ayat 153 berikut ini :

وَأَنَّ هَٰذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ۚ ذَٰلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya : Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.

15. As-Tsani

As-Tsani artinya berulang-ulang. Dinamakan as-Tsani karena al-Quran berisi pengulangan kisah-kisah umat terdahulu. Nama as-Tsani diambil dari QS Az-Zumar ayat 23 berikut ini :

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

Artinya : Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.

16. Al-Mutasyabih

Al-Mutasyabih artinya yang serupa. Dinamakan Al-Mutasyabih karena isi al-Quran serupa satu sama lain dalam hal kebaikan dan kebenaran. Nama al-Mutasyabih diambil dari QS Az-Zumar ayat 23 berikut ini :

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

Artinya : Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.

17. Ar-Ruh

Ar-Ruh artinya ruh atau nyawa. Dinamakan ar-Ruh karena al-Quran merupakah ruh yang menghidupkan hati dan jiwa. Nama ar-Ruh diambil QS As-Syura ayat 52 berikut ini :

وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ رُوحًا مِنْ أَمْرِنَا ۚ مَا كُنْتَ تَدْرِي مَا الْكِتَابُ وَلَا الْإِيمَانُ وَلَٰكِنْ جَعَلْنَاهُ نُورًا نَهْدِي بِهِ مَنْ نَشَاءُ مِنْ عِبَادِنَا ۚ وَإِنَّكَ لَتَهْدِي إِلَىٰ صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

Artinya : Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.

18. Al-Majid

Al-Majid artinya mulia. Dinamakan al-Majid karena al-Quran itu mulia. Nama al-Majid diambil dari QS Al-Buruj ayat 21 berikut ini :

بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ

Artinya : Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia.

19. Al-Aziz

Al-Aziz artinya mulia atau kuat. Dinamakan al-Aziz karena al-Quran itu mulia dan bantahan yang kuat bagi yang menentang al-Quran. Nama al-Aziz diambil dari QS Fushshilat ayat 41 sebagai berikut ini :

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاءَهُمْ ۖ وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al Quran ketika Al Quran itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Al Quran itu adalah kitab yang mulia.

20. Al-Balagh

Al-Balagh artinya penjelasan atau penyampaian. Dinamakan al-Balagh karena al-Quran disampaikan manusia tentang apa yang diperintahkan atau dilarang. Nama al-Balagh diambil dari QS Ibrahim ayat 52 berikut ini :

هَٰذَا بَلَاغٌ لِلنَّاسِ وَلِيُنْذَرُوا بِهِ وَلِيَعْلَمُوا أَنَّمَا هُوَ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ وَلِيَذَّكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ

Artinya : (Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.

Demikian artikel singkat mengenai "20 Nama Lain al-Quran Lengkap Dalil dan Penjelasannya" dikutip dari al-Itqan. Semoga bermanfaat...

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "20 Nama Lain al-Quran Lengkap Dalil dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...