Penjelasan Mad Thabi`i Lengkap

Dalam pembahasan bab Mad, Mad Thabi'i menjadi pokok utama yang harus dipahami terlebih dahulu. Mengingat sebagian besar hukum bacaan Mad berkaitan dengan pembahasan Mad Thabi'i itu sendiri.

Maka dari itu, perlu dibahas dan dipahami apa pengertian dari Mad Thabi'i? Kaitan Mad Thabi'i dengan hukum-hukum lainnya hingga macam-macam Mad Thabi'i perlu diketahui secara lengkap. Berikut penjelasannya.

Pengertian Mad Thabi'i

Secara bahasa, Mad Thabi'i terdiri dari dua kata yaitu Mad dan Thabi'i. Mad artinya panjang, sedangkan Thabi'i artinya alami. Secara istilah, Mad Thabi'i adalah mad yang huruf mad nya tidak akan terlihat kecuali dengan adanya mad tersebut.


Mad Thabi'i juga sering disebut sebagai Mad Ashli. Mad Thabi'i juga tidak bergantung dengan sebab, misalnya bertemu dengan hamzah dan sukun. Ketergantungan Mad Thabi'i hanya terhadap huruf-huruf Mad.

Apa itu huruf-huruf Mad? Huruf-huruf Mad berjumlah tiga, yaitu :
  1. Alif sebelumnya berharakat fathah
  2. Ya sukun sebelumnya berharakat kasrah
  3. Wawu sukun sebelumnya berharakat dhammah
Ketiga huruf-huruf Mad itu berkumpul dalam kata di bawah ini :

نُوحِيهَا

Atau jika disingkat, huruf Mad Thabi'i ada tiga yaitu Alif, Wawu, dan Ya. Meskipun disingkat, namun tetap harus sama harakat sebelum huruf Mad. Apabila berbeda, maka bukan lagi menjadi Mad Thabi'i. Misalnya contoh berikut 

وَالصَّيْفِ

Contoh di atas memang terdapat huruf Mad berupa Ya` sukun. Namun sebelum Ya' sukun, bukan huruf berharakat kasrah melainkan fathah. Maka contoh di atas bukanlah hukum bacaan Mad Thabi'i. Sehingga perlu diketahui harakat sebelum huruf Mad nya.

Berapa panjang hukum bacaan Mad Thabi'i? Panjang bacaan Mad Thabi'i adalah satu alif atau dua harakat. Hukum bacaan Mad Thabi'i ini banyak sekali dijumpai dalam ayat-ayat al-Quran dan merupakan hukum bacaan yang paling banyak ditemui.

Mengapa dinamakan Mad Thabi'i? Thabi'i artinya alami. Dinamakan demikian karena pembaca al-Quran secara alami memanjangkan mad ini tanpa kurang dan lebih dari dua harakat. Dinamakan Mad Ashli karena mad ini lah yang merupakan mad asal atau asli tanpa tambahan.

Macam-macam Mad Thabi'i

Dari uraian mengenai pengertian dan huruf-huruf Mad Thabi'i di atas, terdapat pembagian Mad Thabi'i menjadi dua macam yaitu Mad Thabi'i Kalimi dan Mad Thabi'i Harfi. Apa itu Mad Thabi'i Kalimi dan Mad Thabi'i Harfi?

1. Mad Thabi'i Kalimi

Mad Thabi'i Kalimi adalah Mad Thabi'i yang Mad nya nampak dalam kata nya atau Mad Thabi'i dalam bentuk kata. Mad Thabi'i Kalimi ini masih ada yang membagi nya menjadi dua yaitu Mad Thabi'i Kalimi Dhahir dan Mad Thabi'i Kalimi Muqaddar

Mad Thabi'i Kalimi Dhahir adalahh Mad Thabi'i yang huruf Mad nya terlihat jelas secara tulisan atau rasm. Contohnya adalah sebagai berikut ini (huruf Mad nya terlihat berupa Alif sebelumnya ada huruf ro berharakat fathah) :

صِرَاطَ

Mad Thabi'i Kalimi Muqaddar adalahh Mad Thabi'i yang huruf Mad nya tidak terlihat jelas secara tulisan atau rasm nya dibuang. Contohnya adalah sebagai berikut ini (mim berharakat fathah dibaca panjang karena ada alif Mad nya yang tidak tertulis) :

الرَّحْمَٰنِ

2. Mad Thabi'i Harfi

Jenis Mad Thabi'i kedua adalah Mad Thabi'i Harfi. Mad Thabi'i Harfi adalah Mad Thabi'i yang berbentuk huruf. Mad Thabi'i Harfi ini hanya ada pada fawatihus-suwar (pembuka surat) atau huruf-huruf Muqatha'ah.

Mad Thabi'i Harfi ini terkumpul dalam 5 huruf yang disingkat menjadi kalimat berikut ini :

حَيٌّ طَهُرَ

Contoh-contoh Mad Thabi'i Harfi ini hanya ada pada huruf-huruf pembuka surat misalnya pembuka surat Maryam (Mad Thabi'i Harfi nya berada pada huruf Ha dan Ya) :

كهيعص

Latihan Mencari Mad Thabi'i

Berikut ini adalah soal-soal latihan untuk mencari Mad Thabi'i. Coba hitung ada berapa hukum bacaan Mad Thabi'i berikut ini (Kunci jawaban nya terletak di akhir artikel ini) :

Soal pertama
وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ

Soal kedua
يَكَادُ الْبَرْقُ يَخْطَفُ أَبْصَارَهُمْ

Soal ketiga
وَإِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا فَأْتُوا بِسُورَةٍ

Tambahan-Tambahan Mad Thabi'i

Ada beberapa tambahan yang berkaitan dengan hukum bacaan Mad Thabi'i yang perlu diperhatikan dan biasa menjadi pertanyaan bagi para pelajar Ilmu Tajwid. Tambahan-tambahan nya adalah sebagai berikut ini :

1. Mad Thabi'i Tidak Dibaca

Dalam tilawah al-Quran, terdapat bacaan yang seharusnya menjadi hukum bacaan Mad Thabi'i namun Mad Thabi'i nya tidak dibaca. Misalnya contoh dalam QS Al-Baqarah ayat 17 sebagai berikut ini :

مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِي اسْتَوْقَدَ

Dalam contoh di atas terdapat hukum bacaan Mad Thabi'i yaitu Ya sukun sebelumnya ada huruf dzal berharakat kasrah. Namun saat membaca dari awal hingga akhir kata, Mad Thabi'i tidak terbaca. Mengapa demikian?

Apabila ada Mad Thabi'i, lalu setelahnya bertemu dengan huruf yang sukun maka Mad Thabi'i nya tidak dibaca. Tidak terbaca nya Mad Thabi'i karena untuk menjaga agar tidak terjadi apa yang dinamakan Iltiqa Sakinayn (pertemuan dua sukun).

2. Mad Thabi'i Tidak Di-Idgham

Selanjutnya dalam pembahasan Idgham Mutamatsilain disebutkan jika apabila ada dua huruf yang sama, huruf pertama sukun dan huruf kedua hidup, maka dimasukkan (Idgham) huruf pertama ke dalam huruf kedua.

Kaidah Idgham Mutamatsilain itu tidak berlaku jika berbarengan dengan hukum bacaan Mad Thabi'i. Misalnya Ya Mad sukun bertemu dengan Ya atau wawu mad sukun bertemu dengan wawu. Perhatikan contoh berikut ini :

Contoh Ya Mad bertemu dengan Ya
الَّذِي يُوَسْوِسُ

Contoh Wawu Mad bertemu dengan Wawu
 آمَنُوْا وَعَمِلُوْا

Maka hukum atau kaidah Idgham Mutamatsilain tidak berlaku jika berbarengan dengan hukum bacaan Mad Thabi'i. Lebih diunggulkan hukum bacaan Mad Thabi'i nya. Atau sebagian mengatakan bahwa ini masuk dalam Mad Tamkin (baca artikel Mad Tamkin atau klik di sini).

3. Mad-Mad yang serupa dengan Mad Thabi'i

Terakhir adalah hukum bacaan Mad yang serupa dengan Mad Thabi'i. Yaitu Mad Tamkin, Mad Iwadh, Mad Shilah Qashirah, dan Mad Badal. Keempat hukum tersebut merupakan turunan dari Mad Thabi'i karena memiliki panjang bacaan yang sama yaitu 2 harakat.

Sebagian buku Tajwid memasukkan Mad-Mad yang serupa dengan Mad Thabi'i ke dalam pembagian jenis-jenis Mad Thabi'i. Sebagian menjelaskan bahwa keempat Mad itu serupa dengan Mad Thabi'i dan tetap menjelaskannya secara tersendiri.

Kunci Jawaban

Jumlah Mad Thabi'i di soal pertama ada 4 Mad Thabi'i
Jumlah Mad Thabi'i di soal kedua ada 2 Mad Thabi'i
Jumlah Mad Thabi'i di soal ketiga ada 7 Mad Thabi'i

Sumber :
Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid
Taysir ar-Rahman Fi Tajwid al-Quran
Nihayat al-Qawl al-Mufid

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Penjelasan Mad Thabi`i Lengkap"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...