Mengenal Kelompok Surat Al-Hawamim

Surat-surat dalam al-Qur'an memiliki nama masing-masing seperti surat al-Fatihah, al-Baqarah, hingga surat an-Nas. Selain nama per surat, ada juga nama untuk kelompok surat yang memenuhi kategori tertentu. Salah satunya adalah surat al-Hawamim.

Apa itu surat al-Hawamim? Apa saja surat yang masuk dalam kategori surat al-Hawamim? Apa keutamaannya? Artikel ini menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengutip rujukan dari kitab Asma' al-Quran al-Karim karya Adam Bamba.

Pengertian dan Keutamaan surat al-Hawamim

Secara bahasa, al-Hawamim merupakan jama' atau bentuk plural dari kata Hamim (حم). Kata hamim merupakan salah satu huruf muqatha'ah yang juga menjadi salah satu pembuka surat-surat dalam al-Qur'an atau biasa disebut huruf fawatihus suwar.

Dengan kata lain, surat al-Hawamim adalah tujuh surat yang diawali dengan huruf huruf muqatha'ah berupa hamim. Surat-surat yang diawali hamim juga biasa disebut surat keluarga hamim atau alu hamim (ال حم) karena diawali hamim sekalipun setelahnya berbeda-beda. 

Surat al-Hawamim ini memiliki nama-nama lain yang disebutkan dalam beberapa hadis maupun asar sahabat. Misalnya ada juga yang menamakannya dengan arais al-Qur'an (beberapa perhiasan al-Quran) sebagaimana hadis yang berbunyi

الْحَوَامِيْمُ دِيْبَاجُ الْقُرْآنِ

Artinya : Hawamin adalah perhiasan Al-Qur’an

Sama dengan redaksi hadis di atas yang diriwayatkan dari Anas, dalam sunan ad-Darimi juga terdapat hadis nomor 3288 yang menyebutkan terkait keutamaan surat al-Hawamim ini (arais al-Quran) dengan jalur yang lain yaitu 

حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ عَوْنٍ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ قَالَ كُنَّ الْحَوَامِيمُ يُسَمَّيْنَ الْعَرَائِسَ

Artinya : Telah menceritakan kepada kami [Ja'far bin 'Aun] dari [Mis'ar] dari [Sa'd bin Ibrahim] ia berkata; Surat-surat yang diawali dengan (bacaan) HAA MIIM dinamakan dengan Al 'Ara`is (para pengantin).

Surat-surat al-Hawamim

Apa saja surat al-Hawamim itu? Sesuai dengan pengertiannya, surat al-Hawamim adalah surat-surat yang diawali dengan huruf muqatha'ah berupa hamim. Dalam 114 surat di dalam al-Qur'an, setidaknya ada 7 surat yang masuk dalam kategori al-Hawamim.

Ketujuh surat yang masuk dalam kategori al-Hawamim adalah surat al-Mu'min (biasa juga disebut surat Ghafir), surat Fushshilat, surat as-Syura, surat az-Zukhruf, surat ad-Dukhan, surat al-Jatsiyah, dan surat al-Ahqaf. Berikut ini ditampilkan dua ayat awal dari masing-masing ketujuh surat.

1. Ayat pertama dan kedua QS Al-Mu'min

حمٓ 0 تَنزِيلُ ٱلْكِتَٰبِ مِنَ ٱللَّهِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْعَلِيمِ

2. Ayat pertama dan kedua QS Fushshilat

حمٓ 0 تَنزِيلٌ مِّنَ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

3. Ayat pertama dan kedua QS As-Syura

حمٓ 0 عٓسٓقٓ

4. Ayat pertama dan kedua QS Az-Zukhruf

حمٓ 0 وَٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ

5. Ayat pertama dan kedua QS Ad-Dukhan

حمٓ 0 وَٱلْكِتَٰبِ ٱلْمُبِينِ

6. Ayat pertama dan kedua QS Al-Jatsiyah

حمٓ 0 تَنزِيلُ ٱلْكِتَٰبِ مِنَ ٱللَّهِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

7. Ayat pertama dan kedua QS Al-Ahqaf

حمٓ 0 تَنزِيلُ ٱلْكِتَٰبِ مِنَ ٱللَّهِ ٱلْعَزِيزِ ٱلْحَكِيمِ

Semoga bermanfaat...

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Mengenal Kelompok Surat Al-Hawamim"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...