Mad Lazim Lengkap

Tingkatan tertinggi dari Mad Far'i adalah Mad Lazim. Baik itu Mad Lazim dalam bentuk kata (Mad Lazim Kalimi) atau huruf (Mad Lazim Harfi). Apa pengertian dari Mad Lazim secara lengkap? Apa saja pembagiannya? Dan apa saja contoh-contohnya?

Pengertian Mad Lazim

Secara bahasa, Mad Lazim terdiri dari dua kata yaitu Mad dan Lazim. Mad artinya panjang, sedangkan Lazim artinya tetap. Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim adalah Mad bertemu dengan sukun asli atau lazim, baik dalam bentuk kata atau huruf.


Hukum bacaan Mad Lazim adalah dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat. Kewajiban memanjangkan 6 harakat pada Mad Lazim merupakan kesepakatan ulama Qira`at, sebagaimana dikutip dalam kitab "Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid"

Dinamakan Lazim karena tetap dan harus memanjangkan Mad Lazim sekitar 3 alif atau 6 harakat. Selain itu, dinamakan lazim karena sebab nya yakni sukun nya tetap (lazim) baik dalam keadaan washal maupun waqaf.

Secara umum, Mad Lazim terbagi menjadi dua macam yaitu Mad Lazim Kalimi dan Mad Lazim Harfi. Dan masing-masing dari keduanya juga masih terbagi lagi menjadi dua yaitu Mad Lazim Mukhaffaf dan Mad Lazim Mutsaqqal.

Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf

Secara bahasa, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf terdiri dari 4 kata yakni Mad, Lazim, Kalimi, dan  Mukhaffaf. Mad dan Lazim sudah disinggung sebelumnya, sedangkan Kalimi artinya bentuk kata dan Mukhaffaf artinya diringankan.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf adalah apabila ada Mad bertemu dengan sukun asli tanpa di-Idgham-kan (tidak bertasydid) dalam bentuk kata. Contoh Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf ini hanya ada 1 kata dalam al-Quran yaitu

Kata tersebut terulang sebanyak 2 kali dalam al-Quran yakni QS Yunus ayat 51 dan 91. Selain dihukumi sebagai Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, kata tersebut juga disebut dengan hukum bacaan lain yakni Mad Farqi.

Dinamakan Kalimi karena bertemunya Mad dengan sukun dalam bentuk kata. Sedangkan dinamakan Mukhaffaf karena pengucapan yang ringan sebab sukun nya tidak dimasukkan atau di-Idgham-kan (tidak ditasydid).

Berikut ini contoh Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf dalam QS Yunus ayat 51 sebagai berikut ini :

Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal

Secara bahasa, Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal terdiri dari 4 kata yakni Mad, Lazim, Kalimi, dan  Mutsaqqal. Mad dan Lazim sudah disinggung sebelumnya, sedangkan Kalimi artinya bentuk kata dan Mutsaqqal artinya diberatkan.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal adalah apabila Mad bertemu dengan sukun asli yang di-Idgham-kan ke huruf setelahnya (di tasydid kan) dalam bentuk kata. Contoh hukum bacaan Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal banyak ditemukan dalam al-Quran. Misalnya

Yang terdapat dalam QS Al-An'am ayat 143 dan 144. Berikut ini adalah contoh Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal dalam potongan dari QS Al-An'am ayat 143:

Contoh di atas, selain dihukumi sebagai Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, juga dihukumi sebagai hukum bacaan Mad Farqi. Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal yang juga Mad Farqi ada 3 contoh, selain contoh di atas, silahkan lihat pembahasan "Mad Farqi Lengkap" atau klik di sini.

Contoh lain dari Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal misalnya dalam QS Al-Fatihah ayat ke-7 yakni pada kata "Ad-Dhallin" berikut ini :

Untuk lebih memudahkan dalam pemahaman Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal, juga bisa diartikan sebagai berikut : Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal adalah apabila Mad bertemu tasydid dalam satu kata (bentuk kata).

Dinamakan Kalimi karena bertemunya Mad dengan sukun dalam bentuk kata. Sedangkan dinamakan Mutsaqqal karena pengucapan yang berat sebab sukun nya dimasukkan atau di-Idgham-kan (di tasydid).

Mad Lazim Harfi Mukhaffaf

Secara bahasa, Mad Lazim Harfi Mukhaffaf terdiri dari 4 kata yakni Mad, Lazim, Harfi, dan  Mukhaffaf. Mad dan Lazim sudah disinggung sebelumnya, sedangkan Harfi artinya bentuk huruf dan Mukhaffaf artinya diringankan.

Secara istilah Ilmu  Tajwid, Mad Lazim Harfi Mukhaffaf adalah apabila Mad bertemu sukun asli dalam bentuk huruf, dan tidak di-Idgham-kan ke dalam huruf setelahnya. Mad Lazim Harfi Mukhaffaf ini hanya terdapat di fawatihus suwar (huruf pembuka surat).

Contoh Mad Lazim Harfi Mukhaffaf terdapat dalam huruf nun dalam QS Al-Qalam :
Contoh Mad Lazim Harfi Mukhaffaf terdapat dalam huruf sin dalam QS Yasin :
Contoh Mad Lazim Harfi Mukhaffaf terdapat dalam huruf lam dalam QS Yunus :

Mad Lazim Harfi Mutsaqqal

Secara bahasa, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal terdiri dari 4 kata yakni Mad, Lazim, Harfi, dan  Mutsaqqal. Mad dan Lazim sudah disinggung sebelumnya, sedangkan Harfi artinya bentuk huruf dan Mutsaqqal artinya diberatkan.

Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal adalah apabila Mad bertemu sukun asli dalam bentuk huruf, dan di-Idgham-kan ke dalam huruf setelahnya. Mad Lazim Harfi Mutsaqqal juga hanya terdapat dalam fawatihus suwar (huruf pembuka surat).

Perbedaan Mad Lazim Harfi Mutsaqqal dengan Mad Lazim Harfi Mukhaffaf adalah adanya Idgham atau tidak adanya Idgham (atau dengan kata lain adalah tasydid). Untuk lebih memudahkan pemahaman, Mad Lazim Harfi Mutsaqqal bisa diartikan dengan Mad bertemu tasydid dalam bentuk huruf.

Hanya saja, tanda baca (dhabt) tasydid untuk fawatihus suwar tidak mesti ada, tergantung mushaf yang dipakai. Mushaf Standar Indonesia, menggunakan tanda tasydid sehingga memudahkan pencarian Mad Lazim Harfi Mutsaqqal. Sedangkan Mushaf Standar Madinah tidak menggunakan tanda tasydid.

Contoh Mad Lazim Harfi Mutsaqqal terdapat dalam huruf lam dalam QS Al-Baqarah :

Contoh Mad Lazim Harfi Mutsaqqal terdapat dalam huruf sin dalam QS Al-Qashahs :

Tambahan-Tambahan

1. Jumlah Huruf Mad Lazim Harfi

Untuk memudahkan memahami dan mengetahui huruf-huruf yang menjadi fawatihus suwar sekaligus hukum bacaan Mad Lazim, dikumpulkan oleh Ulama dalam kalimat-kalimat berikut ini (intinya sama dalam setiap kalimat) :

نَقَصَ عَسَلُكُمْ
كَمْ عَسَلٍ نَقَصَ

Kedelapan huruf di atas merupakan huruf-huruf fawatihus suwar dan juga merupakan huruf-huruf yang memiliki hukum bacaan Mad Lazim Harfi, baik Mad Lazim Harfi Mukhafffaf maupun Mad Lazim Harfi Mutsaqqal.

2. Penamaan Harfi

Dalam membaca huruf dalam fawatihus suwar, maka seperti hal nya mengeja atau menyebutkan nama huruf tersebut. Alif dibaca alif, bukan dibaca a. Sin dibaca sin, bukan sa. Lam dibaca lam, bukan la. Dan seterusnya.

Dalam penyebutan huruf hijaiah tersebut, dalam hal ini Mad Lazim Harfi, pengejaan huruf tersebut selalu terdiri dari 3 huruf dimana huruf keduanya adalah huruf Mad atau Lin. Misalnya huruf sin bila dieja menjadi
سِيْنْ
Huruf mim bila dieja menjadi
مِيْمْ

3. Cara Membaca Ain

Pengecualian dalam Mad Lazim Harfi huruf ain yakni yang terdapat dalam pembuka QS Maryam dan as-Syura, dalam thariq Syathibi boleh dibaca dua wajah bacaan panjang yakni tawassuth (4 harakat) dan thul (6 harakat).

Contoh Mad Lazim Harfi huruf ain dalam QS Maryam :

Contoh Mad Lazim Harfi huruf ain dalam QS As-Syura:

Sumber:
Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid
Ghayat al-Murid Fi Ilm at-Tajwid
Al-Burhan Fi Tajwid al-Quran

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Mad Lazim Lengkap"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...