Mengenal Pengertian Lam atau AL Ta'rif

Dalam pembahasan Ilmu Tajwid, juga sering dijumpai pembahasan AL Ta'rif yang terbagi menjadi 2 hukum yaitu Idzhar Qamari dan Idgham Syamsi. Lalu apa sebenarnya pengertian AL Ta'rif? Apa ciri-cirinya?

Lam Ta’rif atau biasa dikenal sebagai “AL” Ta’rif merupakan salah satu pembahan mengenai cara baca lam sukun di dalam al-Quran. Lam sukun di dalam al-Quran terbagi menjadi 5 macam : lam ta’rif (AL Ta’rif), lam isim, lam fi’il, lam huruf, dan lam amar.


Diantara 5 bentuk lam sukun tersebut, kesemuanya dipraktekkan dalam membaca al-Quran. Hanya saja, mengapa lam ta’rif merupakan hukum yang cukup populer dibandingkan yang lainnya?

Jawabannya, mungkin, karena pembahasan lam ta’rif dikhususkan untuk memudahkan atau bisa menjadi bab tersendiri. Berbeda dengan lam sukun lain, misalnya lam fi’il yang bisa dimasukkan ke dalam bab hukum lain misalnya idgham mutamatsilain atau mutaqaribain.


Oleh karena itu, lam ta’rif bisa menjadi bab khusus dan mendapat perhatian lebih dalam buku-buku tajwid khususnya buku tajwid yang beredar di Indonesia. Lalu apa pengertian dan maksud dari lam ta’rif?

Pengertian

Lam ta’rif (lebih dikenal dengan sebutan lam nya AL) merupakan lam sukun tambahan dari sebuah struktur kata (baik bisa dipisah atau tidak) dan biasanya sebelumnya didahului hamzah washal.

Athiyyah menambahkan bahwa Lam ta’rif atau AL ta’rif ini hanya masuk dalam kata benda (isim). Dari pengertian di atas, setidaknya bisa dibedakan dan diketahui ciri-ciri dari AL ta’rif itu sendiri.

Misalnya pengertian “lam sukun tambahan dari struktur kata” berarti lam sukun itu jika hilang tidak merubah makna kata tersebut misalnya kata “Al-Masjid” dihilangkan AL nya menjadi Masjid.

الدنيا > دنيا
  (Ad-Dunya asalnya AL + Dunya)
اليوم > يوم
(Al-Yaum asalnya AL + Yaum)
 القرءان > قرءان
(Al-Quran asalnya AL + Quran)

Pengertian “baik bisa dipisah atau tidak” merupakan penjelasan jika ada beberapa AL yang tidak dapat dipisah dari kata tersebut misalnya kata-kata berikut ini

الذي
 التي
 الذين

Pengertian “biasanya didahului hamzah washal” ini terjadi apabila penulisan AL ta’rif terjadi di awal atau berdiri sendiri. Di dalam Al-Quran, hilangnya hamzal washal AL terjadi jika didahului oleh huruf lam misalnya

للكافرين > ل + الكافرين
 (Lilkafirin asalnya Li + Al-Kafirin)
 للطاغين > ل + الطاغين
(Lithoghin asalnya Li + At-Thoghin)

Demikian penjelasan mengenai pengertian AL Ta’rif. Atau sebagai kesimpulan, pengertian AL ta’rif secara singkat adalah lam sukun tambahan yang masuk dalam isim dan sebelumnya didahului hamzah washal.
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Baca hukum tajwid lainnya dengan klik di sini.


Sumber :
> Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid
> Ghayat al-Murid Fi Ilm at-Tajwid
> Hidayat al-Qari Ila Tajwid Kalam al-Bari

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Mengenal Pengertian Lam atau AL Ta'rif"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...