Ayat yang ada kalimat La Ilaha Illallah

Kalimat tahlil atau La Ilaha Illallah seringkali kita dengar atau kita lantukan saat berdzikir. Lalu pertanyaan nya adalah apakah kalimat La Ilaha Illallah terdapat dalam al-Qur'an? Pernahkan Anda sejenak merenungi apakah ada ayat-ayat al-Qur'an yang mengandung kalimat La Ilaha Illallah?


Makna La Ilaha Illallah

Berbicara tentang makna La Ilaha Illallah, penulis yakin bahwa hampir seluruh pembaca sudah mengerti akan makna dari kalimat tahlil. Namun di sini, penulis tetap mencantumkannya agar kita bersama-sama menyelami makna La Ilaha Illallah sebelum membahas ayat-ayatnya.

Para ulama tauhid bersepakat bahwa makna La Ilaha Illallah ialah La Ma'bud bihaqq Illallah (tiada tuhan yang disembah dengan hak kecuali Allah), bukan La Ma'bud Illallah, (tiada tuhan yang disembah selain Allah). 

Jikalau makna La Ilaha Illallah adalah La Ma'bud Illallah, (tiada tuhan yang disembah selain Allah), maka itu masih mengandung kebohongan. Karena itu mengindikasikan masih ada tuhan-tuhan selain Allah yang disembah. Padahal, tuhan-tuhan itu semuanya batil kecuali Allah. Karena itu, perlu dipastikan bahwa makna La Ilaha Illallah adalah tiada tuhan yang hak kecuali Allah.


Ayat-ayat La Ilaha Illallah

Di dalam Al-Qur'an, ayat-ayat yang terdapat kalimat La Ilaha Illallah hanya sedikit. Yang banyak ditemukan hanyalah ayat-ayat yang mengandung kalimat La Ilaha Illa (tiada Tuhan kecuali) saja tanpa embel-embel kata Allah.

Meskipun tidak memakai kata Allah, namun semua embel-embel tersebut merujuk atau kembali kepada Allah. Kebanyakan embel-embel yang dipakai adalah kata ganti (dhamir) dia yang berbunyi huwa. Ada juga yang menggunakan ana (saya) dan tentunya yang berfirman adalah Allah sendiri. Ada pula yang pakai anta (Engkau) dan lagi-lagi merujuk kepada Allah.

Berikut kami ambil contoh 5 ayat-ayat yang mengandung kata La Ilaha Illa saja beserta terjemahannya dan nama surat serta nomor ayatnya.

1. QS Al-Baqarah ayat 163

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

2. QS Ali Imran ayat 18

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

3. QS At-Taubah ayat 31

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَٰهًا وَاحِدًا ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۚ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

4. QS Hud ayat 14

فَإِلَّمْ يَسْتَجِيبُوا لَكُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا أُنْزِلَ بِعِلْمِ اللَّهِ وَأَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jika mereka yang kamu seru itu tidak menerima seruanmu (ajakanmu) itu maka ketahuilah, sesungguhnya Al Quran itu diturunkan dengan ilmu Allah, dan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Dia, maka maukah kamu berserah diri (kepada Allah)?

5. QS An-Nahl ayat 2

 يُنَزِّلُ الْمَلَائِكَةَ بِالرُّوحِ مِنْ أَمْرِهِ عَلَىٰ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ أَنْ أَنْذِرُوا أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاتَّقُونِ

Dia menurunkan para malaikat dengan (membawa) wahyu dengan perintah-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya, yaitu: "Peringatkanlah olehmu sekalian, bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka hendaklah kamu bertakwa kepada-Ku".


Lalu apa saja dua ayat yang terdapat kalimat La Ilaha Illallah? Berikut ayatnya

1. QS As-Shaffat ayat 35

 إِنَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ

Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka: "Laa ilaaha illallah" (Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah) mereka menyombongkan diri,

2. QS Muhammad ayat 19

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ

Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.

Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Ayat yang ada kalimat La Ilaha Illallah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...