Pengertian, Contoh, dan Sebab Iqlab

Iqlab merupakan salah satu dari hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Hukum bacaan Iqlab juga dikenal dengan istilah Qalb. Apa pengertian hukum bacaan Iqlab, contoh-contohnya, dan mengapa harus dibaca Iqlab?

Pengertian

Secara bahasa, iqlab berarti memindahkan, membalik, atau menukar. Secara istilah ilmu tajwid, iqlab adalah menukarkan bunyi nun sukun atau tanwin ke mim sukun apabila bertemu huruf ba (ب) disertai dengan dengung (ghunnah).

Cara membacanya adalah dengan merubah suara nun sukun atau tanwin menjadi mim sukun disertai dengan dengung sekitar 2 harakat sehingga yang muncul bukan suara nun lagi melainkan suara mim sukun.

Sebab Iqlab

Mengapa nun sukun atau tanwin diubah menjadi mim sukun? Setidaknya terdapat 2 alasan. Pertama, mim merupakan saudara ba karena sama-sama satu makhraj. Kedua, mim juga saudara nun karena sama-sama bersifat ghunnah.

Orang Arab sudah terbiasa membalik atau menukar nun sukun menjadi mim (saat bertemu ba) untuk memudahkan dan melancarkan pembicaraan, misalnya kata mimbar yang asalnya minbar.

Tanda bacaan iqlab biasanya dilambangkan dengan mim berdiri yang diletakkan di atas nun sukun atau tanwin seperti ini

Contoh-contoh

Contoh hukum bacaan iqlab bisa dalam bentuk 3 bentuk yakni nun sukun dalam 1 kata, nun sukun dalam 2 kata, dan tanwin.

Contoh iqlab bentuk nun sukun dalam 1 kata

أَنبِئْهُم

Contoh iqlab bentuk nun sukun dalam 2 kata

أَن بُورِكَ

Contoh iqlab bentuk tanwin

سَمِيعٌ بَصِيرٌ

Latihan Mencari Hukum Bacaan Iqlab di surah al-Baqarah ayat 31

وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ
Cari hukum bacaan tajwid lainnya? Klik di sini.
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Sumber bacaan :
> Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid
> Nihayat al-Qaul al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian, Contoh, dan Sebab Iqlab"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...