Pengertian, Contoh, dan Jenis Idzhar Halqi

Idzhar Halqi merupakan salah satu hukum bacaan pertama yang dipelajari dalam buku-buku Ilmu Tajwid. Idzhar Halqi juga merupakan hukum bacaan pertama dari pembahasan bab Nun Sukun dan Tanwin. Lalu bagaimana pengertian idzhar halqi beserta contoh dan jenisnya?

Pengertian

Secara bahasa, idzhar halqi terdiri dari 2 kata yaitu idzhar dan halqi. Idzhar artinya jelas dan halqi berarti tenggorokan. Secara istilah dalam Ilmu Tajwid, idzhar halqi adalah menjelaskan (pengucapan bunyi) nun sukun atau tanwin apabila betemu enam huruf halqi (huruf yang keluar dari tenggorokan). Enam huruf itu adalah
ء ، ه ، ح ،ع ، خ ، غ

Cara membacanya adalah dengan mengucapkan nun sukun atau tanwin dengan ucapan jelas tanpa embel-embel ghunnah/dengung (sekalipun tidak mencegah keseluruhan sifat ghunnah) kemudian mengucapkan huruf idzhar tanpa ada jeda maupun saktah.

Dinamakan idzhar karena nun sukun atau tanwinya harus dibaca jelas. Dinamakan halqi karena huruf-huruf nya keluar (makhrajnya) dari tenggorokan.

Contoh-contoh

Contoh hukum bacaan idzhar halqi terdapat 3 model : nun sukun dalam 1 kata, nun sukun 2 kata, dan tanwin. Artinya bisa jadi nun sukun bertemu huruf idzhar halqi dalam satu kata, ada juga yang 2 kata. Sedangkan tanwin bertemu huruf idzhar halqi pasti terletak dalam 2 kata.

Berikut contoh idzhar halqi model nun sukun dalam 1 kata

Berikut contoh idzhar halqi model nun sukun dalam 2 kata
Berikut contoh idzhar halqi model tanwin
Latihan! Silahkan mencari hukum bacaan tajwid dalam surah ayat di bawah ini. Adapun jawabannya bisa lihat di akhir artikel ini.

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (٤٥)
ادْخُلُوهَا بِسَلَامٍ آمِنِينَ (٤٦)
وَنَزَعْنَا مَا فِي صُدُورِهِم مِّنْ غِلٍّ إِخْوَانًا عَلَىٰ سُرُرٍ مُّتَقَابِلِينَ (
٤٧)
لَا يَمَسُّهُمْ فِيهَا نَصَبٌ وَمَا هُم مِّنْهَا بِمُخْرَجِينَ (
٤٨)

Jenis-Jenis

Tingkatan idzhar jika dilihat dari dekat jauhnya makhraj maka terbagi menjadi 3 tingkatan. Yang paling kuat (‘ulya) adalah ء dan ه. Tingkatan tengah (wustha) adalah ح dan ع. Tingkatan rendah (dunya) adalah خ dan غ.

Kenapa nun sukun atau tanwin jika bertemu keenam huruf halqi harus dibaca idzhar? Karena makhraj (tempat keluar) nun dengan huruf tersebut sangat jauh. Huruf nun keluar dari ujung lidah sedangkan huruf halqi keluar dari tenggorokan.

Jarak makhraj nun dan huruf halqi yang jauh itu juga menyebabkan keduanya tidak memiliki sifat yang dekat atau sejenis (yang bisa menyebabkan dengung atau samar) sehingga bacanya harus jelas.
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Baca artikel lengkap mengenai tajwid, klik di sini. (Mulai dari nun sukun hingga rasm utsmani)

[Jawaban Latihan]

Sumber bacaan:
> Al-Mufid Fi Ilm at-Tajwid
> Hidayat al-Qari Ila Tajwid Kalam al-Bari

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian, Contoh, dan Jenis Idzhar Halqi"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...