Ulasan Kitab Al-Mufid Fi Ilm At-Tajwid

Ilmu Tajwid merupakan salah satu ilmu yang mulia karena berkaitan dengan tata cara membaca al-Quran secara baik dan benar. Oleh karena itu, mempelajarinya merupakan hal yang penting. Salah satu referensi ilmu tajwid yang cukup komprehensif adalah kitab Al-Mufid Fi Ilm At-Tawjid.

Kitab yang penulis baca merupakan cetakan kedua yang dicetak pada tahun 2016. Cetakan pertama, jika dilihat dari pengantarnya, dirilis pada tahun 2011. Kitab Al-Mufid yang penulis baca adalah versi elektroniknya (pdf) dan dapat Anda cari di mesin pencari.

Kitab Al-Mufid fi Ilm at-Tajwid ini disusun oleh Abdurrahman ibn Sa'dullah Aytani. Selain sebagai penulis, beliau juga mengajar di sebuah universitas di Beirut dan mengajar di beberapa ma'had di Beirut.

al mufid fi ilm tajwid

Dengan total 259 halaman, kitab Al-Mufid membeberkan secara jelas dan ringkas mengenai permasalahan-permasalahan yang ada di ilmu tajwid. Salah satu yang menjadi kelebihannya adalah memberikan gambar atau tabel terhadap bab yang membutuhkan praktek dan penjelasan lebih.

Tajwid yang dibahas dalam kitab ini adalah tajwid yang mengikuti bacaan riwayat Hafs dari Ashim dan dari jalur Syatibiyyah. Adapun pembahasan atau bab yang ada dalam kitab Al-Mufid fi Ilm At-Tajwid secara ringkas dan urutannya seperti ini :

1. Biografi dan Pengertian Dasar

Dijelaskan biografi Imam Hafs, Imam Ashim, Ibn Jazari, dan Imam Syatibi. Selanjutnya membahas pengertian ahruf sab'ah, makna tajwid, makna lahn, sejarah, adab tilawah, hingga maratib tilawah.

2. Bab Tajwid Secara Umum

Misalnya bab Nun Sukun atau tanwin, mim sukun, AL takrif hingga mad. Secara umum, bab-bab tersebut juga ada di seluruh buku tajwid (tajwid versi ringkas). Namun, di dalam kitab ini juga ditambahkan beberapa bab dan dijelaskan secara ringkas.

Bab-bab tambahan misalnya bab idgham dan ghunnah, bab lam sukun (yang didalamnya masuk bab AL takrif), dan bab isti'dzah dan basmalah. Selain itu, pembahasan bab umum (nun sukun dkk) juga dijelaskan lebih mendetail

3. Makhraj dan Sifat Huruf

Kitab ini juga menyinggung masalah makhraj dan sifat huruf. Total sifat huruf yang dibahas dalam buku ini ada 20 sifat dengan rincian 18 sifat huruf yang disebutkan Ibn Jazari dan 2 sifat tambahan yaitu Ghunnah dan Khafa'.

Selain itu diberikan tabel sifatul huruf beserta ilustrasi makhraj sehingga lebih mudah memahami. Ditambah sub bab tambahan misalnya huruf yang memiliki 5, 6, hingga  sifat beserta rincian sifat yang kuat dan lemah.

4. Bab Idgham dan Ra

Berbeda dengan idgham sebelumnya, idgham yang dibahas di sini maksudnya idgham secara umu misalnya idgham mutamatsilain, mutaqaribain, dan mutajanisain. Pembahasan ra juga tak luput disertakan. Dengan tambahan bab fawatihus suwar (cara baca huruf-huruf di awal surat) menjadi bab tersendiri.

5. Waqaf dan Tambahan

Begitu juga permasalahan waqaf juga dibahas dan diberikan penjelasan secara singkat dan padat. Tambahan selanjutnya misalnya tata cara baca gharib (bacaan asing). Namun kadangkala ada beberapa bacaaan yang gharib dimasukkan dalam bab lainnya yang mungkin ada kaitan erat dengan bab lainnya.

Yang juga menjadi tambahan adalah adanya bab hamzah. Cukup detail pembahasan hamzah mulai hamzah washal dan qatha serta tata cara baca keduanya. Terakhir yang menjadi sorotan yakni bab Iltiqa Sakinain (bertemunya 2 sukun).
_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

Buku ini, hemat penulis, cukup bisa menjadi pengangan dalam belajar ilmu tajwid. Materi yang dimuat dalam kitab ini juga bersumber dari kitab-kitab klasik yang mumpuni. Di bab daftar pustaka, total disebutkan 18 referensi yang menjadi sumber dari kitab al-mufid fi ilm at-tajwid. Diantaranya adalah:

1.    Al-Quran
2.    An-Nasyr fi al-Qiraat al-Asyr (Ibn Jazari)
3.    At-Tamhid fi ilm at-tajwid (Ibn Jazari)
4.    Ar-Riayah li tajwid al-qiraat... (Makki ibn Abi Thalib al-Qaysi)
5.    Al-Fawaid at-Tajwidiyyah... (Abdurrozzaq ibn Ali Musa)
6.    Idha’at fi ilm at-tajwid (Ayman Suwayd)
7.    Ghayatul Murid fi ilm at-tajwid (Athiyyah Qabil Nashr)
8.    Ar-Raid fi tajwid al-quran (Muhammad Salim Muhaysin)
9.    Syarh Ibn Aqil Ala Alfiyyah Ibn Malik
10.    Taysir ar-rahman fi tajwid al-quran (Sa’ad Abdulhamid)

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

1 Response to "Ulasan Kitab Al-Mufid Fi Ilm At-Tajwid"

  1. kang bisa minta tolong ga, itu beli kitab dimana,,susah bgt nyarinya

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...