Tes Kuis Tajwid 1

Membaca al-Quran dengan menggunakan tajwid merupakan suatu keharusan, sedangkan menguasai dan mendalami ilmu tajwid merupakan fardhu kifayah. Bagi Anda yang telah menguasai dan mendalami ilmu tajwid, berikut ini penulis menyusun soal untuk melatih dan menguatkan pemahaman tajwid Anda.


Latihan ini berupa tes kuis atas soal-soal yang memiliki 4 pilihan ganda. Tentunya Anda harus cermat dalam menjawab soal-soal yang diajukan dan perhatikan dengan seksama setiap pilihan-pilihan jawabannya.

Tes kuis Tajwid ini berisi materi-materi dalam Tajwid 1. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam apa itu materi-materi dalam Tajwid 1, maka Anda dapat melihat di tab Tajwid atau klik di sini. Secara umum, hukum bacaan Mad tidak termasuk dalam Tajwid 1. Susunan tajwid 1 hingga 3 hanyalah pembagian semata.

Adapun materi-materi yang ada dalam Tajwid 1 antara lain adalah hukum bacaan nun sukun atau tanwin, ghunnah, idzhar wajib, hukum mim sukun, qalqalah, lafadz jalalah, hukum bacaan al atau lam ta`rif, dan hukum bacaan ro.

Selain yang disebutkan di atas, maka tidak penulis masukkan dalam Tajwid 1 atau nanti masuk dalam kuis tajwid 2. Misalnya hukum bacaan 3 Idgham (Mutamatsilain, Mutajanisain, dan Mutaqaribain) dan hukum bacaan Mad.

Sebelum mulai menjawab soalnya, silahkan isi alamat email Anda sebagai bukti keikutsertaan dan antusias Anda. Apabila kuis-kuis seperti ini banyak diminati, maka besar kemungkinan penulis akan menyusun kuis-kuis lanjutan.

Setelah mengisi alamat email, silahkan baca soal dan pilih salah satu jawaban yang menurut Anda benar. Total soal sebanyak 20 soal dengan nilai 5 untuk setiap soalnya, sehingga jika 20 soal benar maka nilainya 100.

Jika Anda selesai mengisi dan menjawab semua soal, maka sistem akan secara otomatis menampilkan nilai atau skor Anda. Jika jawaban Anda ada yang kurang tepat, maka sistem akan memberi tahu Anda kepada jawaban yang benar. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Tes Kuis Tajwid 1"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...