Pengertian, Sebab, dan Contoh Idgham Bila Ghunnah

Dalam bab Nun sukun atau tanwin, terdapat hukum bacaan Idgham yang kemudian dibagi lagi menjadi 2 yakni Idgham Bi Ghunnah dan Idgham Bila Ghunnah. Lalu apa pengertian Idgham Bila Ghunnah? Apa sebabnya? Dan bagaimana contoh-contohnya?

Pengertian

Secara bahasa, Idgham Bila Ghunnah berasal dari bahasa Arab yang masing-masing artinya : Idgham artinya memasukkan, Bila artinya dengan tanpa, dan Ghunnah artinya dengung. Maka bila digabung, arti Idgham Bila Ghunnah adalah memasukkan tanpa dengung.

Istilah atau sebutan "Idgham Bila Ghunnah", sependek penelusuran penulis, hanya dapat ditemukan di kitab Nihayat al-Qawl al-Mufid. Sedangkan di 5 kitab lainnya, memakai istilah Idgham Bi Ghayr Ghunnah. (bisa dicek di Al-Mufid, Ghayat al-Murid, Hidayat al-Qari, Taysir ar-Rahman, dan Tuhfat al-Athfal)



Secara istilah Tajwid, Idgham Bila Ghunnah adalah memasukkan nun sukun atau tanwin tanpa disertai dengung jika bertemu salah satu dari 2 huruf yaitu (ل) atau (ر)

Selain itu, bertemunya nun sukun atau tanwin dengan selalu terjadi di lain kata atau bukan di satu kata. Sedangkan cara membacanya adalah memasukkan nun sukun atau tanwin ke huruf (ل) atau (ر) tanpa dengung atau seolah-olah huruf (ل) atau (ر) nya bertasydid.

Dalam mushaf al-Quran baik standar Madinah maupun Indonesia, huruf  (ل) atau (ر) yang masuk dalam Idgham Bila Ghunnah diberi tanda tasydid. Untuk lebih jelas nya, lihat di contoh-contoh.

Pengecualian

Setiap terdapat nun sukun atau tanwin yang bertemu (ل) atau (ر) maka harus dibaca Idgham Bila Ghunnah kecuali di satu tempat yaitu al-Qiyamah ayat 27 karena terdapat saktah. Maka nun sukun yang bertemu ro dalam surah al-Qiyamah ayat 27 harus dibaca jelas.

Contoh-contoh

Contoh-contoh dari hukum bacaan Idgham Bila Ghunnah dapat banyak ditemukan di dalam al-Quran. Misalnya dalam surah al-Balad ayat 7 dimana nun sukun bertemu huruf lam

يَقُولُ أَهْلَكْتُ مَالًا لُّبَدًا

Contoh tanwin bertemu huruf lam dalam surah al-Balad ayat 6

أَيَحْسَبُ أَن لَّمْ يَرَهُ أَحَدٌ

Sebab-sebab

Adapun sebab mengapa setiap nun sukun atau tanwin jika bertemu huruf (ل) atau (ر) maka dibaca Idgham Bila Ghunnah adalah karena makhraj huruf (ل) atau (ر) berdekatan dengan makhraj nya huruf nun sehingga di-idgham-kan.

Sumber:
>Nihayat al-Qawl al-Mufid fi Ilm at-Tajwid
>Al-Mufid fi Ilm at-Tajwid
>Ghayat al-Murid fi Ilm at-Tajwid
>Hidayat al-Qari ila Tajwid Kalam al-Bari
>Taysir ar-Rahman fi Tajwid al-Quran
>Tuhfat al-Athfal

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian, Sebab, dan Contoh Idgham Bila Ghunnah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...