Mengenal Makharijul Huruf

MENGENAL MAKHARIJUL HURUF

Belajar membaca Al-Quran tentu juga bersinggungan dengan belajar cara mengucapkan huruf hijaiyah. Dan cara pengucapan huruf hijaiyah yang baik dan benar dipelajari melalui 2 hal yaitu makharijul huruf dan sifatul huruf.

Huruf hijaiyah tidak akan tepat jika cara mengeluarkannya juga tidak sesuai tempatnya atau makhrajnya. Lalu apa itu makhraj huruf hijaiyah? Apa saja macam dan pembagiannya? Mari kita mengenal makhraj huruf hijaiyah.

Pengertian Makhraj Huruf

Secara bahasa, Makhraj artinya tempat keluar. Secara istilah Ilmu Tajwid, Makharijul Huruf adalah ilmu yang membahas mengenai tempat keluarnya huruf dan membedakan antara satu huruf dengan huruf lainnya.



Dari pengertian Makhraj di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa fungsi atau faedah mempelajari Makharijul Huruf adalah untuk dapat membedakan tempat keluar satu huruf dengan huruf lainnya.

Sementara dalam kitab Al-Mufid fi Ilm at-Tajwid, memberikan pengertian Makhraj adalah tempat keluar dan nampaknya huruf baik huruf itu keluar dari makhraj muhaqqaq maupun makhraj muqaddar.

Yang dinamakan makhraj muhaqqaq adalah tempat keluarnya huruf yang dapat diketahui dengan pasti dan tertentu. Atau tempat keluarnya huruf yang berhubungan dengan salah satu anggota pengucap baik itu lidah, bibir, maupun tenggorokan.

Sementara pengertian dari makhraj muqaddar adalah tempat keluarnya huruf yang tidak dapat diketahui dengan pasti. Artinya, tempat keluarnya bukan merupakan anggota dari indera pengucap. Makhraj muqaddar hanya satu yaitu Al-Jauf.

Jumlah Makhraj Huruf

Lalu berapa jumlah makhraj huruf hijaiyah? Sebelum membahas berapa jumlahnya, perlu diketahui bahwa dalam pembahasan Makhraj huruf terdapat beberapa pembagian. Makhraj huruf hijaiyah secara umum terbagi menjadi 5 makhraj atau tempat keluar.

Kelima makhraj ini disebut sebagai Makhraj 'Amm (Makhraj Umum). Dibagi menjadi 5 makhraj umum karena disandarkan pada salah satu anggota indera pengucap manusian. Kelima makhraj itu adalah rongga mulut, lidah, bibir, tenggorokan, dan hidung.

makhraj huruf
Perhatikan gambar Makhraj
Kelima makhraj umum di atas dalam Ilmu Tajwid adalah sebagai berikut ini :
  1. Al-Jauf : Rongga Mulut
  2. Al-Halqi : Tenggorokan
  3. Al-Lisan : Lidah
  4. As-Syafatain : Dua Bibir
  5. Al-Khaisyum : Hidung
Sementara dalam gambar di atas juga menunjuk gigi dan langit-langit atas. Keduanya (gigi dan langit-langit atas) merupakan bagian dari makhraj al-Lisan atau lidah. Keduanya nanti akan dibahas di masing-masing makhrajnya.

Kelima makhraj ini juga populer dengan sebutan makhraj umum dan mayoritas Ulama tajwid sepakat dengan penyebutan 5 makhraj umum ini, meskipun ada juga yang menghilangkan Al-Jauf dari makhraj umum. Lalu setelah pembagian makhraj umum, selanjutnya adalah perbedaan dalam makhraj khusus.

Perbedaan Jumlah Makhraj Khusus

Di sinilah letak perbedaan Ulama Tajwid dalam menghitung atau menetapkan berapa jumlah makhraj khusus huruf hijaiyah. Apa itu makhraj khusus? Hemat penulis, makhraj khusus adalah penyempitan dari makhraj umum.



Jadi, makhraj umum adalah makhraj yang terdiri dari satu atau beberapa makhraj khusus. Sedangkan makhraj khusus adalah bagian dari makhraj umum dan bisa memuat satu huruf atau beberapa huruf. Atau jika diilustrasikan sebagai berikut :

Ilustrasi Makhraj
Lalu berapa jumlah makhraj khusus? Setidaknya terdapat 3 perbedaan pendapat mengenai jumlah makhraj khusus. Tiga perbedaan jumlah itu adalah 17, 16, dan 14 makhraj khusus. Rinciannya sebagai berikut :

1. Makhraj Khusus Jumlahnya 17 : Inilah pendapat Khalil bin Ahmad al-Farahidi dan Ibnu Jazari. Inilah yang digunakan jumhur atau mayoritas Ulama Tajwid. Rincian 17 makhraj khusus akan dijabarkan nanti.

2. Makhraj Khusus Jumlahnya 16 : ini merupakan pendapat Sibawayh dan juga diambil oleh Syathibi. Perbedaan dengan yang jumlahnya 17 adalah pendapat ini menggugurkan huruf mad atau makhraj al-Jauf (Alif tidak masuk huruf hijaiyah).

3. Makhraj Khusus Jumlahnya 14 : Pendapat al-Farra dan Quthrub. Pendapat ini, selain tidak menganggap Al-Jauf atau Huruf Mad, juga menjadikan huruf lam, nun, dan ra' menjadi satu makhraj khusus.

Dari 3 perbedaan di atas, mayoritas menggunakan pendapat pertama atau jumlah makhraj khusus adalah 17 makhraj khusus. Rinciannya sebagai berikut :
  1. Al-Jauf : 1 Makhraj Khusus
  2. Al-Lisan :  10 Makhraj Khusus
  3. Al-Halqi : 3 Makhraj Khusus
  4. As-Syafatain : 2 Makhraj Khusus
  5. Al-Khaisyum : 1 Makhraj Khusus
Demikian artikel singkat mengenai "Mengenal Makhraj Huruf Hijaiyah". Artikel ini sebagai pengantar sebelum memasuki pembahan makhraj dari masing-masing huruf hijaiyah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar. Wallahu a'lam.

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Mengenal Makharijul Huruf"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...