Ciri Makkiyah Madaniyah

Ciri-ciri atau biasa disebut norma-norma pembeda antara Makkiyah dan Madaniyah dapat dilihat setelah meneliti beberapa tanda atau indikator yang dapat membedakan antara surah Makkiyah dan Madaniyah.

Dengan menamakan surah Makkiyah atau Madaniyah nukan berarti bahwa surah tersebut seluruhnya Makkiyah atau Madaniyah, karena kadang-kadang dalam surah Makkiyah terdapat beberapa ayat penngecualian yang masuk kategori Madaniyah. Begitu pula sebaliknya.

Dengan demikian, penamaan surah Makkiyah atau Madaniyah diambil dari mayoritas yang terkandung dalam surah tersebut. Ciri-ciri di bawah ini merupakan ciri-ciri yang digunakan untuk membedakan surah Makkiyah dan Madaniyah yang sudah disepakati.


Ciri Makkiyah

1. Setiap surah yang terdapat kata "كَلَّا". Kata "كَلَّا" terulang sebanyak 33 kali yang bertempat di 15 surah. Kelima belas surah tersebut terletak di separuh akhir al-Quran, diantaranya surah Maryam, al-Mu'minun, as-Syu`ara, dan lainnya

2. Setiap surah yang terdapat ayat sajdah. Ayat sajdah terdapat sebanyak 15 kali dalam al-Quran, diantaranya terdapat di surah al-`Alaq, al-Insyiqaq, an-Najm, dan lainnya

3. Setiap surah yang diawali atau dibuka dengan huruf muqatha`ah kecuali al-Baqarah dan Ali `Imran. Surah yang diawali huruf muqatha`ah berjumlah 29 surah, diantaranya surah al-`Ankabut, ar-Rum, Luqman, dan lainnya.

4. Setiap surah yang membahas kisah-kisah Nabi dan umat-umat terdahulu kecuali al-Baqarah, misalnya surah as-Syu`ara

5. Setiap surah yang membahas kisah Nabi Adam dan Iblis kecuali surah al-Baqarah, misalnya al-surah A`raf

6. Setiap surah yang di dalamnya terdapat “يا أيها الناس” sekaligus tidak ada “يا أيها الذين آمنوا” misalnya surah Fathir.

Ciri Madaniyah

1. Setiap surah yang terdapat hudud (ilmu hukuman) dan fara’id (ilmu waris). Surah yang mengandung hudud misalnya surah an-Nur yang terdapat had bagi pezina dan surah al-Ma'idah yang membahas had pencuri. Sedangkan surah yang terdapat fara'id misalnya surah an-Nisa'

2. Setiap surah yang terdapat izin jihad dan penjelasan tentang hukum jihad misalnya surah al-Baqarah (dapat dilihat di ayat 190) dan at-Taubah (lihat ayat 73).

3. Setiap surah yang di dalamnya disebut orang-orang munafik kecuali surah al-Ankabut misalnya surah Ali Imran (167), An-Nisa (ayat 42), dan at-Taubah (ayat 67).

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Ciri Makkiyah Madaniyah"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...