Sebab Munculnya Dakhil Tafsir

Di antara beragam kitab tafsir dengan macam-macam jenis dan corak masing-masing, bisa jadi ada penafsiran yang tidak dapat dipertanggung jawabkan atau tersisipi dengan pemahaman atau pemikiran yang bertentangan dengan nilai Islam. Hal semacam inilah yang kemudian dinamakan dengan Dakhil Tafsir.


Dakhil Tafsir dalam bahasa Indonesia disebut sebagai infiltrasi penafsiran. Munculnya dakhil dalam sebuah tafsir cukup memprihatinkan dan perlu untuk diwaspadai. Lalu timbul pertanyaan, apa yang menyebabkan dakhil tafsir ini ada? Dari mana ia berasal?

Sebab-sebab munculnya dakhil

Ada beberapa sebab atau faktor yang dapat melatarbelakangi munculnya dakhil tafsir sebagaimana dikutip dari buku Metode Kritik ad-Dakhil fit-Tafsir karya Muhammad Ulinnuha. Beberapa di antara sebab tersebut adalah sebagai berikut :

1. Fanatisme

Fanatisme dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V adalah keyakinan atau kepercayaan yang terlalu kuat. Dengan kata lain, fanatisme yang berlebihan terhadap suatu pendapat atau golongan dapat memunculkan dakhil tafsir.

Mengapa? Karena dengan fanatisme buta, bisa menyebabkan seorang mufasir tidak dapat melakukan penafsiran dengan objektif. Dengan kata lain, mufasir tersebut akan mengunggulkan pendapat yang ia sukai dengan cara berlebihan dan tidak masuk akal.

2. Politik dan Kekuasaan

Dinamika politik yang selalu berubah-ubah serta perebutan puncak kekuasaan juga bisa menjadi sebab munculnya dakhil tafsir. Orang yang sudah terobsesi dengan kekuasaan, akan berusaha menggunakan segala cara demi mendapatkan dan mempertahankan kekuasaannya.

Oleh karena itu, persinggungan antaran mufasir dengan politik atau kekuasaan bisa memunculkan sikap subjektif dan diselimuti oleh nafsu dunia yang kemudian berusaha menafsirkan dan memunculkan pendapat yang tidak sahih.

3. Kebencian terhadap Islam

Penyebab lain yang menimbulkan dakhil tafsir adalah sikap tidak suka atau benci terhadap Islam. Mereka ini berusaha untuk menjatuhkan umat Islam dan berusaha menjauhkan umat Islam dari penafsiran yang sahih.

Oleh karena itu, mereka akan membuat riwayat-riwayat yang palsu maupun argumentasi yang membingungkan umat Muslim dalam sebuah penafsiran. Mereka sebarkan dakhil tafsir dan membuatnya seolah-olah benar dan objektif.

Demikian beberapa sebab yang menimbulkan munculnya dakhil tafsir. Untuk menanggulangi dakhil, para Ulama telah membuat rumusan atau metode kritik untuk mencari dan mengidentifikasi dakhil tafsir. Semoga kita semua dijauhkan dari kitab maupun penafsiran yang mengandung dari Dakhil Tafsir. Amin.

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Sebab Munculnya Dakhil Tafsir"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...