Pengertian dan Contoh Mad Farqi

Salah satu cabang dari Mad Far'i adalah Mad Farqi. Mempelajari Mad Farqi juga erat kaitan nya dengan pembahasan Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf. Apa pengertian Mad Farqi? Apa contoh-contoh Mad Farqi di dalam al-Quran? Dan apa perbedaan dari Mad Farqi dan Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf?

Pengertian Mad Farqi

Secara bahasa, Mad Farqi terdiri dari dua kata yaitu Mad dan Farqi. Mad artinya panjang, sedangkan Farqi berarti pemisah atau pembeda. Secara istilah Ilmu Tajwid, Mad Farqi adalah memanjangkan huruf Mad yang bertemu dengan huruf sukun.

Contoh Mad Farqi
 Pengertian tersebut, hampir mirip dengan pengertian Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf. Lalu apa yang membedakan Mad Farqi dengan Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf? Singkatnya, Mad Farqi adalah memanjangkan bunyi hamzah yang bertemu dengan sukun atau tasydid.

Dengan kata lain, Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf pasti Mad Farqi. Sedangkan Mad Farqi belum tentu Mad Lazim Kalimi Mukhaffaf, karena ada juga Mad Farqi yang berupa Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal.
Kata Kunci dalam Mad Farqi adalah hamzah panjang yang bertemu sukun atau tasydid. Mengapa hamzah? Hamzah yang dimaksud di sini adalah hamzah istifham atau hamzah yang bermakna pertanyaan.

Mengapa dinamakan Farqi? Farqi artinya pembeda. Dinamakan Farqi karena untuk membedakan hamzah istifham (pertanyaan) dengan yang bukan istifham (khabariyyah). Untuk membedakan keduanya, maka Mad Farqi nya dibaca panjang.

Cara membaca Mad Farqi ada dua macam. Pertama adalah memanjangkan bunyi hamzah nya hingga 3 alif atau 6 harakat seperti halnya Mad Lazim. Kedua adalah tidak memanjangkan hamzah nya dan dibaca tashil (meringankan hamzah kedua). Untuk pembahasan Tashil, klik di sini.

Contoh-Contoh

Contoh Mad Farqi tidak banyak ditemukan dalam al-Quran. Mad Farqi hanya terdapat di dalam 3 kata saja. Dan dari 3 kata tersebut, masing-masing ada di dua tempat, sehingga total ada 6 contoh Mad Farqi di dalam al-Quran.

Kata pertama adalah kata "al-An" yang terdapat dalam QS Yunus ayat 51 dan 91. Berikut ini contoh Mad Farqi yang terdapat dalam QS Yunus ayat 51 dan perhatikan terjemahan nya.

أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ ۚ آلْآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ

Kemudian apakah setelah terjadinya (azab itu), kemudian itu kamu baru mempercayainya? Apakah sekarang (baru kamu mempercayai), padahal sebelumnya kamu selalu meminta supaya disegerakan?

Kata kedua adalah kata "Allah" yang terdapat dalam QS Yunus ayat 59 dan an-Naml ayat 59. Berikut ini contoh Mad Farqi yang terdapat dalam QS Yunus ayat 59 dan perhatikan terjemahan nya.

قُلْ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ لَكُمْ مِنْ رِزْقٍ فَجَعَلْتُمْ مِنْهُ حَرَامًا وَحَلَالًا قُلْ آللَّهُ أَذِنَ لَكُمْ ۖ أَمْ عَلَى اللَّهِ تَفْتَرُونَ

Katakanlah: "Terangkanlah kepadaku tentang rezeki yang diturunkan Allah kepadamu, lalu kamu jadikan sebagiannya haram dan (sebagiannya) halal". Katakanlah: "Apakah Allah telah memberikan izin kepadamu (tentang ini) atau kamu mengada-adakan saja terhadap Allah?"

Kata ketiga adalah kata "adz-Dzakarayn" yang terdapat dalam QS Al-An'am ayat 143 dan 144. Berikut ini contoh Mad Farqi yang terdapat dalam QS Al-An'am ayat 143 dan perhatikan terjemahan nya.

ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ ۖ مِنَ الضَّأْنِ اثْنَيْنِ وَمِنَ الْمَعْزِ اثْنَيْنِ ۗ قُلْ آلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ الْأُنْثَيَيْنِ أَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ أَرْحَامُ الْأُنْثَيَيْنِ ۖ نَبِّئُونِي بِعِلْمٍ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

(yaitu) delapan binatang yang berpasangan, sepasang domba, sepasang dari kambing. Katakanlah: "Apakah dua yang jantan yang diharamkan Allah ataukah dua yang betina, ataukah yang ada dalam kandungan dua betinanya?" Terangkanlah kepadaku dengan berdasar pengetahuan jika kamu memang orang-orang yang benar.

Perhatikan ayat yang terdapat warna merah menunjukkan hukum bacaan Mad Farqi. Perhatikan juga kata dalam terjemahan nya yang telah diberi warna merah menunjukkan ada istifham (pertanyaan) berupa "apakah".

Sumber :
Al-Mufid fi Ilm at-Tajwid
Al-Wadih fi Ilm at-Tajwid
Ghayat al-Murid fi Ilm at-Tajwid

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Mad Farqi"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...