Nama surat Al-Qur'an yang jarang diketahui

 Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam. Di dalamnya terdapat 114 surat yang dimulai dari surat al-Fatihah dan diakhiri dengan surat an-Nas. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa nama surat lain yang jarang diketahui padahal nama-nama tersebut telah dipakai sebelum masa sekarang ini?

Sebelum membahas nama-nama surat al-Qur'an yang jarang diketahui, perlu diketahui siapa yang memberi nama pada surat-surat al-Qur'an. Dalam hal ini, para Ulama berbeda pendapat menjadi dua yaitu taufiqi dan ijtihadi.

Taufiqi berarti nama-nama surat al-Qur'an ditentukan secara khusus oleh Nabi Muhammad SAW. Sedangkan ijtihadi berarti nama-nama surat al-Qur'an tidak ditentukan oleh Nabi atau dipilih oleh para Sahabat-sahabat Nabi. Keduanya dapat ditelusuri dari riwayat-riwayat yang membahas tentang nama surat al-Qur'an.

Menurut az-Zarkasyi, nama-nama surat al-Qur'an merupakan tauqifi sekalipun nama-namanya banyak. Begitu juga menurut as-Suyuti. Banyak nama-nama surat al-Qur'an yang biasa dikenal atau populer  merupakan nama-nama yang berasal dari Nabi.

Sedangkan nama-nama surat al-Qur'an lainnya yang tidak populer sebagian berasal dari sahabat maupun tabi'in, misalnya nama lain surat al-Fatihah yaitu al-Wafiyah yang dinamakan oleh Sufyan bin Uyaynah atau al-Kafiyah yang dinamakan oleh Yahya bin Abi Katsir.

Nama-nama surat al-Qur'an yang jarang diketahui di sini adalah nama-nama surat yang baik berasal dari tauqifi maupun ijtihadi. Artikel ini bersumber dari kitab berjudul "Asma' Suwar al-Qur'an wa Fadhailuha" karya Munirah bint Muhammad ad-Dusary.

1. Surat Sulaiman (an-Naml)

Nama lain dari surat an-Naml adalah surat Sulaiman. Sulaiman merupakan Nabi yang dikenal dapat berbicara dengan semut. Penamaan ini berasal dari as-Sakhawi. Dinamakan surat Sulaiman karena surat ini menjelaskan cerita atau kisah Nabi Sulaiman secara rinci daripada surat lainnya.

2. Qalb al-Qur'an (Yasin)

Nama lain dari surat Yasin adalah Qalb al-Qur'an. Qalb al-Qur'an berarti hati atau jantungnya al-Qur'an. Penamaan ini dikenalkan oleh Nabi Muhammad melalui sebuah hadis dari Anas yang artinya "Sesungguhnya setiap sesuatu terdapat inti atau jantung. Dan jantungnya al-Qur'an adalah surat Yasin. Barang siapa yang membaca Yasin maka Allah akan mencatat bacaannya sama seperti membaca al-Qur'an sepuluh kali".

3. Surat al-Qital (Muhammad)

Nama lain dari surat Muhammad adalah surat al-Qital. Al-Qital berarti peperangan. Penamaan ini digunakan oleh Ibn Abbas ketika menjelaskan dimana surat ini diturunkan. Dinamakan surat al-Qital karena surat ini berisi pedoman syariah tentang peperangan dan menjelaskan hukum-hukum peperangan.

4. Surat Bani Nadzir (al-Hasyr)

Nama lain dari surat al-Hasyr adalah surat Bani Nadzir. Bani Nadzir merupakan salah satu kabilah Yahudi yang diusir Nabi dari Madinah karena telah melanggar perjanjian atau kesepakatan. Penamaan ini digunakan oleh Ibn Abbas. Dinamakan surat Bani Nadzir karena surat ini menyampaikan kisah Bani Nadzir yang diusir dari Madinah.

5. Surat Tabarak (al-Mulk)

Nama lain dari surat al-Mulk adalah surat Tabarak. Tabarak berarti memberi berkah. Penamaan ini juga merupakan nama yang populer dan disebut oleh Nabi. Dinamakan surat Tabarak karena surat ini diawali dengan kata-kata Tabaraka.

6. Surat as-Sahirah (an-Nazi'at)

Nama lain dari surat an-Naziat adalah surat as-Sahirah. As-Sahirah berarti tanah lapang. Penamaan ini digunakan oleh as-Sakhawi dan al-Biqa'i. Dinamakan surat as-Sahirah karena surat ini merupakan surat yang satu-satunya memuat kata as-Sahirah di dalam al-Qur'an.

7. Surat at-Tawdi' (an-Nashr)

Nama lain dari surat an-Nashr adalah surat at-Tawdi'. At-Tawdi' berarti perpisahan. Penamaan ini menurut al-Alusi adalah berasal dari Ibn Mas'ud. Dinamakan surat at-Tawdi' karena surat ini berisi tentang keimanan dan perpisahan Nabi dari alam dunia.

Demikian artikel singkat tentang Nama-nama surat Al-Qur'an yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Subscribe untuk mendapat email artikel terbaru:

0 Response to "Nama surat Al-Qur'an yang jarang diketahui"

Posting Komentar

Terima kasih telah membaca artikel ini. Bila berkenan, Anda bisa tinggalkan komentar. Semoga komentar-komentar baik Anda diberi balasan oleh Allah...